Pertiwi, Devy Budi (2018) ANALlSIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Toko di Koperasi Karyawan LEN Jl. Soekarno Hatta No.435 Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (160kB) |
Abstract
Devy Budi Pertiwi (C1150095), Analisis Bauran Eceran Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota, Studi kasus pada Unit Toko Koperasi Karyawan LEN di bawah bimbingan Ir. Hj. Nanik Risnawati, M.Si. Objek dari penelitian ini yaitu Unit Toko Koperasi Karyawan LEN. Dalam pendapatannya Unit Toko Koperasi Karyawan LEN mengalami penurunan setiap tahunnya, ini mengidikasikan partisipasi anggota yang masih rendah. Kondisi ini terjadi diduga karena faktor ketersediaan produk masih kurang, penetapan harga yang tidak jauh berbeda dengan pesaing, tidak adanya promosi untuk anggota, dan penyesuaian label harga pada rak yang belum rapih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran eceran oleh Unit Toko Koperasi Karyawan LEN, mengetahui tanggapan dan harapan yang dirasakan oleh anggota yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan bauran eceran, mengetahui tingkat partisipasi anggota terhadap Unit Toko Koperasi Karyawan LEN, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan Koperasi Karyawan LEN untuk bauran eceran yang diinginkan agar dapat meningkatkan partisipasi anggota pada Unit Toko. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode distribusi frekuensi dengan teknik skoring dan analisis dengan diagram kartesius. Berdasarkan tanggapan anggota terhadap pelaksanaan bauran eceran pada Unit Toko Koperasi Karyawan LEN adalah sebagai berikut: Baik (kelengkapan produk, kualitas produk, melayani dengan ramah, melayani dengan cepat, fasilitas alternatif pembayaran, kesabaran dalam menangani komplain, lokasi dekat dan mudah dijangkau, lokasi berada pada arus aktivitas konsumen, papan nama toko, dan pengaturan cahaya), Cukup Baik (variasi produk, ketersediaan produk, bantuan dari pegawai, layout toko, pintu masuk, jendela, warna bangunan toko, aroma toko, dan suhu ruangan), Kurang Baik (penetapan harga dibandingkan pesaing, potongan harga atau diskon, dan instrumen musik) dan Tidak Baik (penyebaran informasi mengenai promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bauran eceran pada Unit Toko Koperasi Karyawan LEN cukup baik. Tanggapan anggota terhadap harapannya mengenai pelaksanaan bauran eceran pada Unit Toko Koperasi Karyawan LEN menunjukkan bahwa kategori Sangat Penting (kelengkapan produk, variasi produk, kualitas produk, dan melayani dengan ramah), kategori Penting (ketersediaan produk, penetapan harga dibandingkan pesaing, potongan harga atau diskon, melayani dengan cepat, bantuan dari pegawai, fasilitas alternatif pembayaran, kesabaran dalam menangani komplain, lokasi dekat dan mudah dijangkau, lokasi berada pada arus aktivitas konsumen, jendela, pengaturan cahaya, aroma toko, dan suhu ruangan), kategori Cukup Penting (penyebaran informasi mengenai promosi, layout toko, pintu masuk, dan papan nama toko), dan kategori Kurang Penting (warna bangunan toko dan instrumen musik). Untuk mengetahui indikator mana dalam bauran eceran yang perlu diprioritaskan maka digunakan diagram kartesius. Dari hasil penelitian yang masuk iii Kuadran I yaitu variasi produk, ketersediaan produk, penetapan harga dibandingkan pesaing, potongan harga, bantuan pegawai, layout toko, dan temperatur ruangan. Kemudian pada Kuadran II yaitu kelengkapan produk, kualitas produk, pengaturan cahaya, melayani dengan ramah dan cepat, fasilitas alternatif pembayaran, kesabaran dalam menangani komplain, lokasi dekat dan berada pada arus aktivitas konsumen. Pada Kuadran III yaitu penyebaran informasi mengenai promosi, pintu masuk, jendela, warna bengunan toko, instrumen musik dan aroma ruangan. Sedangkan pada kuadran IV yaitu papan nama. Sehingga dapat dilihat bahwa Unit Toko Koperasi Karyawan LEN perlu memperbaiki pelaksanaan bauran eceran seperti menambah ketersediaan produk dan variasi produk, memberikan harga yang lebih murah dari pada toko lain, memberikan potongan harga pada anggota, memperhatikan layout toko dan temperatur udara agar dapat membentuk bauran eceran yang diinginkan dan dapat meningkatkan tingkat partisipasi anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Eceran, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:13 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:13 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |