Analisis Manajemen Strategi Pengembangan Usaha dalam Upaya Memenuhi Permintaan Konsumen pada era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Catering “Olan Snack” Anggota Koperasi Mitraboga, Klaten - Jawa Tengah)

Putra, Razor Adha Lesmana (2019) Analisis Manajemen Strategi Pengembangan Usaha dalam Upaya Memenuhi Permintaan Konsumen pada era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Catering “Olan Snack” Anggota Koperasi Mitraboga, Klaten - Jawa Tengah). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Razor Adha Lesmana Putra, Analisis manajemen strategi pengembangan usaha dalam upaya memenuhi permintaan konsumen di era revolusi industri 4.0 studi kasus pada catering “Olan Snack” anggota koperasi Mitraboga. Dibawah bimbingan Ibu Dr.Hj. Inne Risnaningsih, SE. Msi dan Bapak Muh. Ardi Nupi Hasyim SE, MAB. Manajemen strategi memiliki pengertian bahwa strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan tertentu dan alat yang penting untuk mencapai keunggulan bersaing. Dalam pembuatan strategi tepat tentu seorang pelaku usaha harus menyusun faktor faktor yang menunjang terealisasinya sebuah strategi tersebut. Faktor faktor yang menunjang terealisasinya sebuah strategi yang tepat yaitu faktor internal perusahaan dan faktor ekternal perusahaan yang mana dapat kita bagi menjadi beberapa aspek yaitu faktor internal terdiri dari Kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan serta faktor ekternal terdiri dari peluang dan ancaman yang ada disekitar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha kecil yang di dalam penelitian ini adalah catering “Olan Snack” untuk menyusun aspek aspek internal dan ekternal faktor guna melakukan pengembangan usaha untuk memenuhi permintaan konsumen dengan menggunakan strategi yang tepat melihat situasi dan kondisi usaha catering “Olan Snack”. Alat yang akan digunakan peneliti untuk menyusun strategi yang tepat adalah dengan menggunakan alat analisis SWOT. iv Hasil penelitian ini menunjukan bahwa catering “Olan Snack” memang masih memiliki banyak kekurangan akan tetapi kekurangan kekurangan tersebut dapat diatasi dengan adanya kekuatan dan peluang yang ada pada catering “Olan Snack”. Dari pengolahan data, banyaknya saran dan masukan yang diberikan responden terutama konsumen kepada catering “Olan Snack” dapat menghasilkan strategi yang tepat yang mana strategi ini dapat digunakan sebagai alat pengembangan usaha, kesimpulan dari pengolahan data yang ada catering “Olan Snack” lebih disarankan untuk menggunakan strategi berkembang atau bertumbuh yaitu dengan cara membuka cabang ditempat yang tidak terjangkau oleh catering “Olan Snack” agar calon konsumen tidak merasa kecewa karena ditolak dengan alasan lokasi pemesanan terlalu jauh akan tetapi hanya membutuhkan kuantitas produk yang tidak banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha, Revolusi Industri 4.0
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:32
Last Modified: 03 Jul 2025 04:32
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item