Analisis Saluran Pemasaran Usaha Udang Vaname dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Anggota (Studi Kasus pada Unit Usaha Qini Vaname Koperasi Pesantren Fat-Hiyyah)

Qisthi, Ummul (2019) Analisis Saluran Pemasaran Usaha Udang Vaname dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Anggota (Studi Kasus pada Unit Usaha Qini Vaname Koperasi Pesantren Fat-Hiyyah). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstract

Ummul Qisthi (C1150096). Analisis Saluran Pemasaran Usaha Tambak Udang Vaname dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Anggota (Studi Kasus pada Anggota Koperasi di unit Qini Vaname Koperasi Pondok Pesantren Fathiyyah). Di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Shofwan Azhar Sholihin., M.Sc Indonesia memiliki potensi sumber daya produk perikanan yang besar, salah satunya adalah udang vaname. Unit Qini Vaname milik Koperasi Pondok Pesantren Fat-Hiyyah merupakan unit usaha yang bergerak di bidang tambak udang vaname. Efisiensi pemasaran sangat penting bagi petambak maupun pelaku pemasaran agar mampu mencapai keuntungan yang maksimal. Saluran pemasaran untuk komoditas yang sama bisa saja berbeda jika berada di daerah lain. Permasalahannya adalah para petambak belum mengetahui berapa besar farmer’s share yang mereka peroleh dan bagaimana bentuk saluran pemasarannya hingga ke tangan konsumen sehingga mengindikasikan bahwa keuntungan usaha petambak belum mencapai maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkatan saluran pemasaran udang vaname anggota koperasi, (2) Mengetahui perbandingan margin pemasaran dan efisiensi pemasaran udang vaname pada masing-masing saluran pemasaran, (3) Mengetahui besarnya manfaat unit Qini Vaname dalam meningkatkan pendapatan anggota koperasi. Jumlah sampel yang digunakan sebanayak 20 anggota koperasi yang berprofesi sebgaia petambak udang vaname. Sampel dipilih berdasarkan teknik sampling aksidental. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat tiga saluran pemasaran yaitu, (1) Petambak Konsumen Akhir , (2) Petambak Koperasi Konsumen Bisnis (Pabrik), (3) Petambak Pedagang besar Konsumen Bisnis (Pabrik). Margin pemasaran yang diperoleh untuk saluran pemasaran I sebesar Rp 0, dan margin pemasaran untuk saluran II dan saluran III sebesar Rp 3,000 per kilogram. Besarnya bagian harga yang diterima petambak pada saluran II sebesar 93,48% dan pada salura pemasaran III sebesar 93,48%. Nili efisiensi pada saluran I sebesar 0%, saluran II 3,09%, dan saluran pemasaran III sebesar 3,71%. R/C sebesar 1,77. Ini berarti bahwa usaha budidaya udang yang dilakukan petani tambak udang vannamei adalah layak secara ekonomis. Koperasi memberikan pembinaan sehingga mengurangi kerugian usaha tambak udang petambak karena mengurangi resiko gagal panen.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Saluran Pemasaran, Margin Dan Efisiensi Pemasaran, Pendapatan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:12
Last Modified: 09 Mar 2023 08:12
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item