PENGARUH PATRONAGE BUYING MOTIVE TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Minimarket Cicendomart di Koperasi Karyawan Rumah Sakit Mata Cicendo Kota Bandung)

Ningtyas, Vidya Retno (2019) PENGARUH PATRONAGE BUYING MOTIVE TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Minimarket Cicendomart di Koperasi Karyawan Rumah Sakit Mata Cicendo Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB)

Abstract

Vidya Retno Ningtyas C1150359, Pengaruh Patronage Buying Motive Terhadap Transaksi Anggota, studi kasus pada Unit Usaha Cicendomart pada Koperasi Rumah Sakit Mata (KOPRUSMAT) Cicendo, dibawah bimbingan Dr. H. Gijanto Purbo Suseno, S.E., M.Sc. Penelitian ini berawal dari adanya unit usaha minimarket bernama Cicendomart yang ada di KOPRUSMAT Cicendo yang telah berdiri sejak tahun 2016. Unit minimarket Cicendomart merupakan unit usaha dibidang retail yang dimiliki koperasi, yang berupaya memudahkan anggotanya dalam mendapatkan barang-barang keperluan sehari-hari seperti makanan dan minuman dan juga kebutuhan rumah tangga lainnya. Selain melayani anggota, Cicendomart juga melayani konsumen non anggota yang juga merupakan keluarga dari pasien yang ada di rumah sakit. Dari awal unit usaha berdiri pendapatan selalu naik, namun ketika dibandingkan antara penjualan ke anggota dan non anggota penjualan unit minimarket tersebut lebih banyak dari non angota koperasi. Hal tersebut diduga terjadi karena kurangnya minat beli anggota pada koperasi. Mengacu pada hal tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana minat beli berlangganan anggota cicendomart dan bagaimana partisipasi anggota sebagai pelanggan pada unit tersebut. Serta belihat bagaimana pengaruh minat beli berlangganan terhadap partisipasi anggota sebagai pelanggan. Sehingga nanti nya dapat dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan transaksi anggota melalui perbaikan variabel minat beli berlangganan. Penelitian ini dilakukan menggunakan uji korelasi range spearman dan koefisien determinasi mengetahui bagaimana pengaruh minat beli berlangganan terhadap Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Motif Beli Berlangganan mempunyai hubungan yang erat dengan Transaksi Anggota dengan hasil perhitungan nilai spearman sebersar 0,673 sehingga pengaruh motif beli berlangganan terhadap pembelian mendapatkan nilai determinasi 45,3% artinya perubahan yang terjadi pada Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan sebesar 45,3% dipengaruhi oleh hubungan linier antara Minat Beli berlangganan sedangkan sisanya 54,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain motif beli berlangganan yang tidak diketahui.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Patronage Buying Motive,Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:09
Last Modified: 13 Feb 2025 07:09
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item