ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KPGSmart DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP ANGGOTA ( Studi Kasus Pada Koperasi Peternak Garut Selatan )

Sidik, Azrul Patah (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KPGSmart DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP ANGGOTA ( Studi Kasus Pada Koperasi Peternak Garut Selatan ). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB)

Abstract

Azrul Patah Sidik (2019), Analisis Strategi Pemasaran KPGSmart Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Anggota, Studi kasus pada Unit Usaha KPGSmart Koperasi Peternak Garut Selatan, dibawah bimbingan Drs. Udin Hidayat,M.Ti. Strategi pemasaran sering menjadi permasalahan umum dalam dunia bisnis peritel. Banyak pelaku usaha ritel yang gulung tikar karena strategi pemasaran yang digunakan kurang tepat serta kurangnya partisipasi pembelian anggota. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan perbaikan strategi pemasaran yang sudah dilaksanakan agar target penjualan dapat tercapai setiap tahunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah diterapkan dalam KPGSmart, faktor lingkungan internal dan eksternal KPGSmart, mengenai tanggapan dan harapan anggota terhadap pelaksanaan strategi pemasaran dan upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadapanggota. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan melakukan penelitian tentang strategi pemasaran pada Unit Usaha KPGSmart di Koperasi Peternak Garut Selatan dengan sampel 40 orang anggota yang diambil dari 3346 orang anggota yang aktif. Strategi Pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah retailing mix yang meliputi lokasi, produk, harga, promosi, suasana toko, dan pelayanan. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Unit Usaha KPGSmart diurutkan menurut retailing mix (1) lokasi : lokasi sangat strategis. (2) produk : memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran. (3) harga : harga yang relatif murah. (4)promosi : yang dilakukan dengan personal selling dan sales promotion. (5) suasana toko : suasana cukup nyaman (6) pelayanan : ketanggapan pelayanan yang segera, akurat dan memuaskan. Faktor – faktor yang dipertimbangkan dalam menyusun strategi pemasaran pada Unit Usaha KPGSmart antara lain : (1) produk : setiap jenis, kualitas dan kuantitas barang kebutuhan baik sembako atau sapronak yang ditawarkan oleh Unit Usaha KPGSmart sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anggotanya. (2) harga : harga barang sesuai dengan mutu atau kualitas barang tersebut. (3) promosi : kegiatan promosi dilakukan secara langsung dengan anggota. (4) distribusi : penyaluran barang langsung dengan penjualan konsumen akhir. (5) supplier : beberapa supplier yang berbeda–beda dilihat dari harga yang diberikan dan kualitas barang yang disediakan. (6) pesaing : Alfamart, Indomaret, Waserda dan Pasar Tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Retailing mix, pelayanan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:36
Last Modified: 09 Mar 2023 06:36
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item