ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Makanan Konsentrat Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Desa Jambudipa, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat)

Yanda, Valentina Meli (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Makanan Konsentrat Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Desa Jambudipa, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)

Abstract

Valentina Meli Yanda, 2015, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, studi kasus pada Unit Makanan Konsentrat Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, di bawah bimbingan Bapak Eka Setiajatnika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor rendahnya partisipasi anggota sebagai pelanggan, sejauh mana manfaat ekonomi yang dirasakan oleh anggota dan upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh Koperasi untuk meningkatkan partisipasi anggotanya. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti mempunyai empat unit usaha yaitu: Unit Susu, Unit Simpan Pinjam, Unit Makanan Konsentrat (Mako) dan Unit Waserda. Dilihat dari data partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Mako setiap tahunnya mengalami penurunan dibandingkan dengan partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit yang lainnya. Berdasarkan hasil analisis hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: Kepuasan anggota, motivasi anggota, tingkat kepercayaan anggota, lingkungan usaha dan kualitas pelayanan. Manfaat ekonomi yang dirasakan anggota KUD Sarwa Mukti bisa dibagi menjadi 2 (dua), yaitu manfaat ekonomi langsung dan manfaat ekonomi tidak langsung. Manfaat ekonomi langsung salah satunya bisa didapatkan dari pelayanan yang diberikan oleh koperasi. sedangkan manfaat ekonomi tidak langsung bisa didapatkan melalui Sisa Hasil Usaha (SHU) pada saat rapat anggota yang tergantung pada besar kecilnya transaksi yang dilakukan anggotapada Unit Mako. Dengan demikian untuk mengatasi rendahnya partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Mako, KUD Sarwa Mukti dapat melakukan upaya dengan memberikan kegiatan yang menarik, memaksimalkan teknologi dan pelayanan, serta menurunkan harga barang sehingga tidak lebih mahal dari pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Rendahnya Partisipasi,Anggota,Pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:55
Last Modified: 20 Jun 2025 07:55
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item