ANALISIS KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Primer Koperasi Darma Putra Tri Dharma Yonif 330 Cicalengka Kabupaten Bandung)

Mariyani, Lani (2018) ANALISIS KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Primer Koperasi Darma Putra Tri Dharma Yonif 330 Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)

Abstract

Lani Mariyani (2018), Analisis Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Studi Kasus Pada Primer Koperasi Darma Putra Tri Dharma Yonif 330, yang beralamat di Jl. Raya Bandung-Garut KM 35 Desa Mandalawangi Kec. Nagrek Kab. Bandung, di bawah bimbingan Ibu. Dr. Hj. Inne Risnaningsih, S.E., M.Si. Primer Koperasi Darma Putra Tri Dharma adalah Koperasi Fungsional yang anggota nya merupakan Anggota TNI. PRIMKOP Darma Putra Tri Dhama memiliki lima unit usaha yaitu, unit simpan pinjam, unit toko, unit pangkas rambut, unit air isi ulang dan unit toko depan. Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh PRIMKOP Darma Putra Tri Dharma, yaitu kompetensi yang mempengaruhi terhadap kinerja karyawan dalam hal ini pelayanan terhadap anggota koperasi sehingga mempengaruhi terhadap pencapaian hasil kerja koperasi telah diketahui setiap unit usaha di PRIMKOP Darma Putra Tri Dharma mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan pada tahun 2017. Koperasi sebagai badan atau organisasi ekonomi yang berdasarkan atas asas kekeluargaan dan mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari perangkat organisasi yaitu rapat anggota, pengurus dan pengawas. Masing-masing perangkat tersebut mempunyai tugas dan kewajiban berdasarkan jabatannya. Peranan karyawan sebagai tenaga kerja dalam suatu unit organisasi sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan serta memberikan hasil bekerja yang berkualitas. Kompetensi adalah Suatu kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut. Kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi koperasi karena kinerja merupakan hasil yang dapat dicapai oleh karyawan baik dari kualitas dan kuantitas seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang di berikan kepadanya. Dalam meningkatkan kinerja karyawan diperlukan keikutsertaan peran koperasi untuk bisa mengontrol dan memberikan teknik atau cara agar terjaminnya mutu dan kuantitas kerja dengan memberikan pelatihan atau pengembangan diri pada karyawan baik dari segi perkoperasian ataupun pendidikan spesialisasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan pada Primer Darma Putra Tri Dharma, maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kompetensi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Untuk mengetahui gambaran dari dua variabel tersebut digunakan penelitian studi kasus yaitu dengan metode penelitian dengan teknik pengumpulan data dan pengamatan secara langsung pada objek yang akan diteliti dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami masalah yang akan diteliti. Teknik yang yang digunakan adalah observasi secara langsung quesioner dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa kompetensi karyawan Primer Darma Putra Tri DhamaYonif 330 Cicalengka –Bandung umumnya termasuk dalam kriteria “Baik”dengan skor 296 tetapi masih banyak indikator-indikator yang harus ditingkatkan lagi, antara lain keterampilan inividu dalam pembuatan laporan kerja, keterampilan individu dalam menggunakan aplikasi IT, kemampuan dalam berkomunikasi, berkreativitas dalam bekerja, semangat kerja yang tinggi sedangkan gambaran kinerja karyawan umumnya termasuk dalam kriteria “Baik” dengan skoring mencapai 475 tetapi masih banyak indikator yang masih dinilai kurang antara lain ketelitian karyawan dalam bekerja, karyawan senantiasa mengeluh, pengaturan tugas tambahan terhadap karyawan, omset dan SHU yang dihasilkan masih kurang, inisiatif karyawan masih dinilai kurang, serta kerjasama dalam penyampaian ide dan gagasan masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kinerja Karyawan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:25
Last Modified: 21 Jan 2021 07:25
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item