ANALISIS BAURAN ECERAN DI DIVISI WASERDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung)

Hidayat, Bambang Nur (2018) ANALISIS BAURAN ECERAN DI DIVISI WASERDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (49kB)

Abstract

BAMBANG NUR HIDAYAT (C1140135), Analisis Bauran Eceran Di Divisi Waserda Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota, Studi kasus pada Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung, di bawah bimbingan Drs. H. Shofwan Azhar Solihin M.Sc. Partisipasi anggota mengalami penurunan pada Divisi Waserda Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung. Hal ini terlihat pada perkembangan jumlah anggota tahun 2016 dan 2017 turun sebesar -1,04% dan - 1,98%. Kemudian pada perkembangan omzet tahun 2017 KKP ITB mengalami penurunan sebesar -1,17%. Selanjutnya dilihat pada perkembangan data partisipasi jasa transaksi anggota di Divisi Waserda KKP ITB tahun 2017 mengalami penurunan sebesar -18,48%. Yang terakhir dilihat juga perkembangan pendapatan di Divisi Waserda KKP ITB selama 2 tahun terakhir yaitu 2016 dan 2017 mengalami penurunan sebesar -2,93% dan -5,42%. Berdasarkan hal itu diperlukan Analisis terhadap Bauran Eceran yang telah diterapkan sebagai upaya memperbaikinya. 1. Bauran eceran yang diterapkan oleh Divisi Waserda Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung adalah : a) Bauran Produk Kelebaran sebanyak 147 jenis produk, kepanjangan sebanyak 315 jenis merek, dan kedalaman sebanyak 1.120 variasi produk. vii b) Layanan Pelayanan yang diberikan oleh Divisi Waserda Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung pada anggota dilakukan oleh karyawan Waserda yang berjumlah 5 orang yaitu, 2 orang kasir, 2 orang yang merapikan tata letak barang dan membersihkan Waserda, 1 orang bagian gudang dan persediaan barang dagang. c) Harga Harga yang ditetapkan Waserda KKP ITB relatif hampir sama dengan rata - rata pesaing atau lebih mahal, sedangkan keunggulan Waserda adalah sistem pembayaran yang ditetapkan koperasi diberikan dua alternatif pilihan yaitu secara tunai untuk anggota dan non anggota dan secara kredit bagi anggota koperasi saja. d) Promosi Promosi tidak maksimal hal ini dikarenakan tidak semua anggota memiliki alamat email sendiri sehingga apabila pesan email tidak diteruskan maka anggota yang tidak memiliki alamat email tidak menerima pesan dari koperasi tersebut, dan pemberitahuan secara lisan kadang dalam kondisi tertentu karyawan koperasi lupa menyampaikan kepada anggota sehingga tidak semua anggota tahu informasi dari koperasi tersebut. viii e) Lokasi Lokasi Divisi Waserda Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung terletak di Gedung CRCS Lantai Dasar Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha No. 15 E, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Luas Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung yaitu panjang 30 meter dan lebar 15 meter terdiri dari ruang kantor, gudang dan Waserda berupa bangunan tidak permanen dan hanya sementara. 2. Tanggapan dan harapan anggota terhadap bauran eceran yang diterapkan di Divisi Waserda Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung adalah : a) Unsur - unsur bauran eceran penting dilaksanakan, tetapi pelaksanaanya belum sesuai dengan keinginan anggota sehingga bauran eceran penting untuk dilaksanakan yaitu : Potongan Harga dan Cara Promosi. b) Unsur – unsur bauran eceran penting dan telah dilaksanakan, dalam penelitian ini unsur tersebut yaitu Jenis Produk, Kualitas Produk, Merek Produk, Harga Produk, Jam buka dan jam tutup Waserda. c) Unsur – unsur bauran eceran yang telah dilaksanakan kurang penting dan pelaksanaannya biasa – biasa saja yaitu Variasi Produk, Pelayanan Karyawan, Tata Letak, Suasana Ruang. ix d) Unsur – unsur bauran eceran tidak penting, tetapi pelaksanaannya sangat baik yaitu Jumlah Produk dan Cara Pembayaran. 3. Tingkat partisipasi anggota pada Divisi Waserda yang mengikuti rapat anggota adalah cukup tinggi atau cukup sering, yang berbelanja rendah atau kurang, yang membayar simpanan wajib sangat tinggi atau sangat sering, yang menikmati SHU cukup tinggi atau terbilang cukup besar, dan yang melakukan pengawasan adalah sangat rendah atau tidak pernah. Dengan penerapan bauran eceran yang baik oleh Divisi Waserda Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung maka diharapkan dapat meningkatkan partisipasi anggota koperasi yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat ekonomi langsung kepada anggota itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Eceran, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:18
Last Modified: 21 Jan 2021 07:18
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item