Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya terhadap Volume Pembelian

Putri, Sukma Wahyu Asmara (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya terhadap Volume Pembelian. Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Cover.pdf

Download (888kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (689kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (824kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (693kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (687kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu anggota dari Pra Koperasi IWABI adalah W&R Bakery yang bergerak di bidang kuliner. Dalam melayani konsumen, W&R Bakery dibagi menjadi dua bagian yaitu produk pesanan dan produk masal. W&R Bakery memiliki omzet yang terus meningkat, namun ada beberapa produk yang mengalami permintaan yang cenderung menurun. Hal ini diduga karena pelaksanaan bauran pemasaran yang kurang maksimal sehingga tidak menciptakan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap volume pembelian pada W&R Bakery. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan Pra Koperasi IWABI untuk berbadan hukum, serta peran dan manfaat koperasi, dan pelayanan Pra Koperasi IWABI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran, kepuasan konsumen dan volume pembelian menggunakan deskriptif dengan pengukuran skala likert. Untuk mengetahui besarnya pengaruh langusng maupun tidak langsung menggunakan alat analisis path. untuk mengetahui perkembangan dan peran koperasi menggunakan deskriptif yang merupakan hasil dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen secara parsial produk (9,24%), harga (36,60%), promosi (13,91%) dan tempat (7,12%). Secara simultan bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (32,4%) dan sisanya (67,6%) dipengaruhi oleh faktor lain. Terdapat pengaruh antara bauran pemasaran dan kepuasan konsumen terhadap volume pembelian, besarnya pengaruh tempat (1,32%), kepuasan konsumen (96,5%) serta besarnya pengaruh secara simultan (83,5%) dan sisanya (16,5%) dipengaruhi faktor lain. Terdapat pengaruh tidak langsung, yaitu melalui kepuasan konsumen pada produk (8,60%), harga (33,99%), promosi (12,89%), dan tempat (6,66%). Perkembangan Pra Koperasi IWABI untuk dapat berbadan hukum akan diperbaiki dari segi administrasi, partisipasi anggota, kemandirian, akta dan anggaran dasar koperasi. Peran dan manfaat koperasi terhadap usaha W&R Bakery diantaranya pengadaan input, fasilitas proses produksi, pemasaran produk, jasa keuangan dan meminimalisasi resiko usaha. Pelayanan Pra Koperasi IWABI menurut hasil wawancara menunjukkan bahwa kurang maksimal dalam melayani anggota sebagai koperasi konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: S. Sos Ida Ahadiah
Date Deposited: 17 Apr 2020 06:09
Last Modified: 22 Jun 2020 05:54
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item