ANALISIS MOTIVASI KERJA KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat)

Rustandi, Razi (2020) ANALISIS MOTIVASI KERJA KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Razi Rustandi (C1160129). “Analisis Motivasi Kerja Karyawan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Anggota”. (Studi kasus pada Kopkar Pikiran Rakyat). Di bawah bimbingan Dr. Maman Suratman, Drs., M.Si. Kopkar Pikiran Rakyat mengelola tiga kegiatan usaha, dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan anggota. kegiatan usaha yaitu : Unit Usaha Simpan Pinjam, Unit Usaha Perdagangan Umum, dan Unit Usaha Rental ( alat kantor berupa komputer dan PPOB (Payment Point Online Bank). Jumlah anggota Koperasi Karyawan Pikiran Rakyat dari tahun ke tahun semakin menurun. selama kurun waktu lima tahun, perkembangan pendapatan Kopkar PR terlihat semakin menurun terutama dari Unit Usaha Simpan Pinjam turun sebesar 23% (Turun Rp. 260.974.567,-) dan Unit Usaha Rental terdapat penurunan pendapatan sebesar 1% ( Turun Rp. 5.872.206,-). Penurunan pendapatan ini bisa terjadi diduga rendahnya motivasi kerja karyawan dalam memberikan pelayanan kepada anggota koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja karyawan, kualitas pelayanan, bagaimana motivasi kerja dalam meningkatkan kualitas pelayan dan manfaat yang diperoleh anggota. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Skala pengukurannya menggunakan skala likert. Hasil penelitian mengenai motivasi kerja karyawan secara keseluruhan mendapatkan perolehan skor sebesar 303 (67.33%) termasuk ke dalam kriteria cukup baik. Kualitas pelayanan secara keseluruhan mendapatkan perolehan skor sebesar 1.420 (67.62%) termasuk ke dalam kriteria cukup baik. Motivasi kerja karyawan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota pada Kopkar Pikiran Rakyat dapat diketahui melalui kriteria motivasi kerja yang cukup baik dan kriteria kualitas pelayanan yang cukup baik. Manfaat ekonomi anggota yang terdiri dari Manfaat Ekonomi Langsung (MEL) dan Manfaat Ekonomi Tidak Langsung (METL) secara keseluruhan mendapatkan perolehan skor sebesar 506 (67.47%) termasuk ke dalam kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja Karyawan, Kualitas Pelayanan, Manfaat Ekonomi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:04
Last Modified: 03 Jul 2025 02:04
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item