Permatasari, Desca Kania (2020) PENGARUH BAURAN ECERAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Toko Primer Koperasi Kepolisian Resor Kota Besar Jl. Merdeka No.18-21 Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) |
Abstract
Desca Kania Permatasari (C1160120), Pengaruh Bauran Eceran Terhadap Kepuasan Anggota, Studi kasus pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung. Skripsi jurusan Manajemen Pemasaran, Program Studi Manajemen, Institut Koperasi Indonesia. di bawah bimbingan Drs. H. Shofwan Azhar Solihin, M.Sc. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui (1) pelaksanaan bauran eceran pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung, (2) kepuasan anggota pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung, (3) pengaruh bauran eceran terhadap kepuasan anggota pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung, (4) potensi pasar pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung, (5) upaya-upaya memperbaiki pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung. Sampel dalam penelitian ini yaitu sampel menurut slovin. Sampel ini berjumlah 97 orang dimana 38 orang anggota aktif dan 59 orang anggota tidak aktif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil tanggapan pelaksanaan bauran eceran adalah belum maksimalnya pelaksanaan yang dilakukan oleh Primkoppol Polrestabes Bandung dikarenakan: baik (lokasi dekat dengan tempat tinggal, desain toko menarik, menyediakan pembayaran selain tunai), cukup baik (harga produk terjangkau, tata iii letak toko yang mudah, pelayanan optimal), kurang baik (kelengkapan produk dan variasi, produk standar dengan banyaknya permintaan, diskon atau potongan harga, lahan parkir kendaraan, lokasi sulit dijangkau, promosi dengan pemberian hadiah, promosi melalui media sosial, informasi mengenai produk). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksaan bauran eceran yang dilakukan oleh Primkoppol Polrestabes Bandung cukup baik. Tanggapan anggota mengenai kepuasan anggota pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung menunjukan bahwa kategori puas (membeli produk yang sama), cukup puas (senang berbelanja, pembelian berulang, bersedia membeli produk lain, bersedia membeli produk yang sama, puas berbelanja). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan anggota pada Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung cukup puas. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bauran eceran terhadap kepuasan anggota pada unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung dimana nilai R Square sebesar 0,758 nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh bauran eceran (X) terhadap kepuasan anggota (Y) sebesar 75,8% sedangkan 24,2% kepuasan dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Dengan potensi pasar sebesar 74,69% dari jumlah anggota didapati total potensi pasar dalam 1 bulan adalah Rp. 1.583.554.366. sehingga dapat dilihat bahwa Unit Toko Primkoppol Polrestabes Bandung perlu memperbaiki pelaksanaan bauran eceran seperti menambah ketersediaan produk, memberikan potongan harga, melakukan promosi melalui media sosial agar dapat meningkatkan kepuasan anggota
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Eceran, Kepuasan Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 04:58 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 04:58 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |