Arum, Dini Rizka Candra (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO BILQIS SNACK BERDASAR BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN PERAN KOPERASI CIPTA BOGA MANDIRI DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (73kB) |
Abstract
Dini Rizka Candra Arum, 2020. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Bilqis Snack Berdasar Business Model Canvas (BMC) Dan Peran Koperasi Cipta Boga Mandiri Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Penelitian ini di bawah bimbingan Ami Purnamawati dan Fitriana Dewi Sumaryana. Usaha Bilqis Snack ini merupakan usaha mikro kecil menengah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Produk yang dihasilkan adalah bakpao dan donat. Pemilik dari Bilqis Snack ini adalah anggota dari Koperasi Cipta Boga Mandiri. Usahanya sudah berjalan sejak tahun 2015 dan sudah memiliki sertifikat produksi pangan industri rumah tangga. Namun usaha ini masih belum berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pengembangan Usaha dengan menerapkan pada Business Model Canvas melalui analisis SWOT. Business Model Canvas meliputi 9 elemen yaitu Customer Segments, Value Preposition, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structures. Dari 9 elemen ini nantinya menjadi indikator EFAS dan IFAS, yang akan dibuatkan matriks SWOT nya. Penyusunan strategi dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman yang ada pada Usaha Bilqis Snack. Dari hasil penelitian identifikasi Business Model Canvas ini dapat diketahui kondisi usaha masing-masing elemen. Customer Segments perusahaan fokus pada masyarakat sekitar tempat produksi di Semarang. Value Preposition berupa produk dengan bahan baku yang berkualitas dan pelayanan yang baik. Channels memiliki pedagang perantara yang loyal. Customer Relationships perlu mempertahankan hubungan yang sudah baik dengan pelanggan. Revenue Streams dari penjualan produk kerupuk. Key Resources terdiri dari pemilik, bangunan, dan kendaraan. Key Activities terletak pada proses produksi dan penjualan produk. Key Partnerships terdiri dari pemasok bahan baku. Cost Structures terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Peran Koperasi Cipta Boga Mandiri dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah antara lain dengan memberikan harga bahan baku yang lebih rendah dari pasaran, saluran distribusi yang lebih mudah, dan pelatihan pengembangan usaha. Dari hasil analisis SWOT diketahui posisi usaha berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi Agresif yang memfokuskan pada strategi pengembangan usaha menggunakan strategi S-O, yaitu strategi yang didapat berdasarkan memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk meraih peluang yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Model Canvas, Analisis SWOT |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 06:07 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 06:07 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |