Meilani, Nurshiva (2020) ANALISIS KINERJA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD DALAM UPAYA MENINGKATKAN MANFAAT EKONOMI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) KOMET Jalan Pasteur No.27 Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (81kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (70kB) |
Abstract
Nurshiva Meilani, Analisis Kinerja Koperasi Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Komet Bandung), di bawah bimbingan Deddy Supriadi, SE., M.Sc. Menghadapi persaingan ekonomi yang semakin kompetitif, KPRI KOMET dituntut untuk dapat bertahan, bahkan bersaing dalam perekonomian nasional. Penilaian kinerja dapat menjadi salah satu upaya Koperasi dalam menjalankan kegiatannya dalam rangka mengetahui sejauhmana koperasi melaksanakan usahanya untuk mencapai tujuan memenuhi kebutuhan anggotanya dan memberikan manfaat bagi anggotanya. Penilaian kinerja juga diperlukan untuk menentukan langkah dalam menjalakan usaha koperasi selanjutnya. Pengukuran kinerja koperasi tidak hanya dilihat dari sisi keuangannya saja, namun perlu juga dilihat dari sisi non keuangannya juga seperti perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Berdasarkan identifikasi masalah pertama bagaimana kinerja KPRI KOMET dilihat dari perspektif keuangan dapat dilihat dari rasio likuiditas selama lima taun terakhir yaitu sebesar 250,07% yang berada pada kategori sangat baik, dilihat dari rasio solvabilitas kinerja KPRI KOMET selama lima tahun terakhir yaitu sebesar 40,154% yang berada pada kriteria baik, selain itu juga dilihat dari rasio return on asset selama lima tahun terakhir yaitu sebesar 2,05% berada pada kategori kurang baik. Dilihat dari kinerja non keuangan KPRI KOMET pada perspektif pelanggan mendapat skor 972 yang ada pada kriteria baik sedangkan pada perspektif proses bisnis internal mendapat skor 318 yang ada pada kriteria baik dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan ada pada kriteria baik dengan skor 321. Upaya KPRI KOMET dalam meningkatkan manfaat ekonomi anggota dari sisi keuangan diharapkan koperasi mampu memaksimalkan penggunaan modal sendiri agar pendapatan yang dihasilkan lebih maksimal, selain itu juga koperasi harus mampu meningkatkan transaksi anggota. Adapun bentuk pelayan kepada anggota yang perlu dipertahankan oleh koperasi dimana anggota merasakan manfaat ekonomi langsung atas transaksi yang dilakukan dikoperasi. Perspektif proses bisnis internal koperasi perlu melakukan inovasi-inovasi dalam menjalankan kegiatannya serta diharapkan mampu menindak lanjuti keluhan pelanggan. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia perlu adanya pelatihan bagi pegurus, pengawa dan keyawan secara berkala.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Kinerja, Balance Scorecard, Manfaat Ekonomi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 04:20 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 04:20 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/914 |
Actions (login required)
View Item |