Khoerudin, Mochammad Husen (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Mitra Saudara, Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (117kB) |
Abstract
Mochammad Husen Khoerudin, mengambil judul tentang Analisis Kualitas Pelayanan Koperasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Mitra Saudara, Kota Bandung). Dibimbing Oleh Bapak Ir. H. Dady Nurpadi. MP. Kualitas pelayanan dan partisipasi anggota merupakan unsur yang utama guna menunjang keberhasilan Koperasi dan meningkatkan pertumbuhan Sisa Hasil Usaha. Kualitas pelayanan yang baik dan berkualitas juga penting karena dapat menarik simpati pelanggan dan juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang dalam hal ini adalah para anggotanya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh Koperasi Serba Usaha Mitra Saudara Kota Bandung masih rendah atau belum baik, sehingga membuat para anggota atau nasabah berpikir dua kali untuk menanam modal di Koperasi tersebut, dengan kualitas pelayanan yang masih rendah partisipasi anggota yang sedikit maka mengakibatkan perolehan Sisa Hasil Usaha setiap tahunnya menurun. Populasi anggota dalam penelitian ini berjumlah 945 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan area propotional random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan partisipasi anggota secara signifikan berpengaruh terhadap perolehan Sisa Hasil Usaha. Kualitas Pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap perolehan SHU. Partisipasi Anggota berpengaruh secara langsung terhadap Perolehan SHU. Kualitas Pelayanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap Perolehan SHU anggota melalui partisipasi anggota. Kualitas pelayanan dan partisipasi anggota berpengaruh terhadap perolehan Sisa Hasil Usaha KSU Mitra Saudara Bandung. Pengurus KSU diharapkan lebih banyak menanggapi saran-saran dari anggota di RAT untuk kemajuan KSU kedepannya. Pengurus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada anggota terutama pada unit usaha simpan pinjam agar para anggota tidak pindah ke pesaing lain dengan cara mempercepat proses pencairan dana pinjaman anggota. Jika kualitas pelayanan yang diberikan baik oleh para pengurus maka akan berpengaruh juga terhadap partisipasi yang baik, sehingga akan meningkatkan perolehan Sisa Hasil Usaha.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:39 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:39 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |