Risma, Cica (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Produksi dan Penyuluhan Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (73kB) |
Abstract
Cica Risma, C1160290 (2020), Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan pada Unit Produksi dan Penyuluhan Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan, dibawah bimbingan Ibu Rosti Setiawati. Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan penulis pada survey pendahuluan, yaitu adanya pelayanan yang masih kurang pada Unit Produksi dan Penyuluhan, jumlah anggota yang terus menurun, penerimaan susu sapi menurun, dan pendapatan yang tidak mencapai target dilihat dari tabel perkembangan pendapatan dan tabel perkembangan penerimaan susu sapi perah di Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS). Seperti yang diketahui bahwa setiap kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh koperasi harus dapat memberikan manfaat ekonomi bagi anggota sebagai pelanggan. Kualitas pelayanan pada koperasi akan berpengaruh terhadap partisipasi anggota. Apabila kualitas pelayanan koperasi menurun maka partisipasi anggota juga akan berkurang, sehingga untuk meningkatkan partisipasi anggota maka perlu meningkatkan kualitas pelayanan juga. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kasus (case study), yang merupakan salah satu metode deskriptif analisis yang dilakukan pada Unit Produksi dan Penyuluhan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi kasus, observasi, wawancara dan kuesioner yang yang disebarkan kepada responden yaitu anggota koperasi dan wawancara kepada pengurus Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, untuk partisipasi anggota dengan menggunakan kuesioner pada unit produksi termasuk dalam kategori baik, dan untuk pelaksanaan kualitas pelayanan yang menggunakan kuesioner juga pada unit produksi termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Anggota, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:48 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:48 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |