Nisa, Lisnawati Janatun (2021) ANALISIS STORE IMAGE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN ( Studi Kasus Pada Unit Waserda Koperasi Karyawan Wijaya Utama Jl. Cicukang No.8 Km 9 Cisaranten BinaHarapan 40294 Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (84kB) |
Abstract
Lisnawati Janatun Nisa (C1170070). Analisis Store Image Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan studi kasus pada Koperasi Karyawan Wijaya Utama Jl. Cicukang No.8 Km 9 Cisaranten BinaHarapan 40294 Bandung di bawah bimbingan Bapak Dr. Trida Gunadi, S.E., M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui tanggapan anggota terhadap pembentukan store image Unit Waserda pada Koperasi Karyawan Wijaya Utama. (2) Mengetahui tanggapan anggota terhadap partsipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Waserda Koperasi Karyawan Wijaya Utama. (3) Mengetahui hubungan store image dengan partisipasi belanja anggota sebagai pelanggan pada Unit Waserda Koperasi Karyawan Wijaya Utama. (4) Mengetahui upaya apa yang harus dilakukan Koperasi Karyawan Wijaya Utama dalam memperbaiki store image agar meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif menggunakan kuesioner, uji regresi linier sederhana, uji korelasi dan determinasi. Hasil penelitian diketahui bahwa tanggapan anggota mengenai store image rata rata unsur dari variabel store image berada dalam kategori cukup setuju, artinya pelaksanaanya masih belum baik. Sehingga koperasi diperlukan untuk meningkatkan dan menjaga indikator yang belum memuaskan konsumen untuk lebih ditingkatkan lagi. Tanggapan anggota mengenai Partisipasi anggota sebagai pelanggan rata rata berada pada kategorikan cukup setuju dengan skor yang didapatkan sebesar 106, artinya partisipasi anggota sebagai pelanggan belum melaksanakan dengan baik dari memanfaatkan pelayanan yang diberikan koperasi, besaran transaksi berdasarkan waktu, dan besaran pembelian barang Berdasarkan perhitungan Hubungan dari Store Image dengan Partisipasi Anggota sebagai pelanggan setelah diuji analisis regresi linier sederhana memiliki nilai sig sebesar 0,007 < 0,05 sehingga dikatakan Store Image dengan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan memiliki pengaruh, yang artinya semakin baik Store Image maka Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan akan mengalami Peningkatan. kemudian setelah diuji korelasi ternyata terdapat hubungan yang cukup erat dengan nilai sebesar 0.444 menurut aturan Guilford. Artinya varibael Store Image memiliki hubungan yang cukup erat dengan variabel terikat Partisipasi anggota sebagai pelanggan. Untuk mengetahui seberapa besar persentase kemudian diuji determinasi dan R Square bernilai sebesar 0,197 artinya keeratan hubungan antara variabel Store Image dengan variabel Partisipasi Anggota sebagai pelanggan memiliki keeratan sebesar 19,7% artinya partisipasi anggota sebagai pelanggan dipengaruhi oleh store image sebesar 19,7% dan sisanya 80,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Faktor –faktornya seperti kepuasan anggota, tingkat kepercayaan anggota, lingkungan usaha, dan kualitas pelayanan dan lain sebagainya. ii Upaya yang harus dilakukan pada Unit Waserda maka Koperasi harus lebih meningkatkan kualitas produk dengan cara melihat dari perspektif konsumenterhadap kualitas, lebih menambahkan produk yang lebih beragam yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen misalnya dengan menambah variasi merk yang banyak, mencari supplier dengan harga yang lebih murah dari pesaing dan sesuai dengan kualitas atau harga murah dari pesaing dengan kualitas yang baik atau sama dengan pesaing yang harganya lebih tinggi, memberikan penyebaran informasi mengenai produk baru dengan promosi melalui media social, Meningkatkan kebersihan pada unit waserda dengan menyapu ruangan Unit Waserda dan juga area luar/ teras pada Unit Waserda, menerapkan strategi diskon yang menguntungkan satu sama lain, seperti diskon 20%-50% untuk produk yang tidak laris atau juga seperti memberikan diskon setiap berbelanja 500.000 mendapat voucher belanja sebesar 50.000 dan yang sebagainya
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Store Image, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:20 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:20 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |