Oktapiani, Mutiara Annissa (2021) PENGARUH STRATEGI DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Provinsi Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (174kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (56kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (31kB) |
Abstract
Mutiara Annissa Oktapiani, 2020. Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19, studi kasus pada pengguna marketplace Shopee di Provinsi Jawa Barat dibawah bimbingan Drs. H.Shofwan Azhar Solihin, M.Sc. Shopee merupakan marketplace asal Singapura, dan mulai mengekspansi pasar Asia Tenggara sejak tahun 2015 termasuk ke Indonesia. Perubahan gaya hidup ditengah pandemi telah meningkatkan penggunaan media digital sebagai penunjang aktivitas berbelanja secara online. Jumlah penggunaan E-commerce mengalami peningkatan hingga 38,3% selama masa pandemi Covid-19 yang dimulai sejak Januari hingga Juli 2020. Shopee yang berada dibawah naungan perusahaan SEA Group ini mampu mendapatkan perhatian konsumen di Indonesia. diketahui pada kuartal I-2020 Shopee mendapatkan kunjungan sebanyak 71,5 juta kunjungan dan pada kuarta II-2020 sebanyak 93,4 juta kunjungan dengan jumlah pesanan memasuki angka 260 juta pesanan atau meningkat sebesar 130% dari sebelumya, Hal ini membuat Shopee kini telah menjadi salah satu marketplace yang paling sering digunakan untuk aktivitas belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi digital marketing terhadap minat beli konsumen Shopee. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui ada 3 strategi digital marketing Shopee yaitu teknik pemasaran yang sesuai dengan trend, memaksimalkan media digital sebagai tempat promosi, dan menerapkan bauran pemasaran 4C yang mana telah mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 51,50% dan sisanya 48,50% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kebutuhan, produk berkualitas, dan sebagainya. Berdasarkan hasil tersebut dapat diidentifikasi bahwa ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan strategi digital marketing Shopee yaitu menetapkan strategi pemasaran STP pada bisnis digital, mempertahankan keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor, dan menjaga skema bisnis sebagai e�commerce.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Konsumen |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 15 May 2023 08:35 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:35 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1376 |
Actions (login required)
View Item |