Nurhalizah, Sarah Siti (2021) NALISIS MANAJEMEN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DAN PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Unit Usaha Penjualan Kedelai dan Non Kedelai Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (54kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (50kB) |
Abstract
Sarah Siti Nurhalizah (2021), Analisis Manajemen Modal Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Dan Profitabilitas (Studi Kasus Pada Unit Penjualan Kedelai dan Non Kedelai Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia Kota Bandung) yang beralamat di Jl. Babakan Ciparay No. 305 Kecamatan Ciparay Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Dibawah bimbingan Dr. H. Sugiyanto, SE., M.Sc. Koperasi produsen tempe tahu Indonesia (KOPTI Kota Bandung) merupakan koperasi yang menghimpun para pengusaha yaitu pengrajin tempe dan tahu yang usahanya bergerak pada bidang unit penjualan kedelai, unit penjualan non kedelai serta unit simpan pinjam. Pada tahun 2020 KOPTI Kota Bandung memiliki anggota sebanyak 590 orang dengan anggota aktif sebanyak 193 orang dan anggota tidak aktif sebanyak 407 orang. Manajemen modal kerja dan pelayanan yang diberikan koperasi berupa penjualan pada tahun 2020 diketahui tidak efektif dan efisien, hal tersebut diduga disebabkan karena terjadi lonjakan harga kedelai sehingga menyebabkan anggota koperasi melakukan aksi mogok produksi yang tentunya akan berimbas pada tingkat profitabilitas yang diperoleh. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Manajemen modal kerja dalam penggunaan modal kerja secara efektif dan efisien pada KOPTI Kota Bandung. (2) Tingkat pelayanan pada KOPTI Kota Bandung. (3) Kaitannya manajemen modal kerja dengan pelayanan dan profitabilitas pada KOPTI Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah studi kasus dengan analisis data yang dilakukan secara deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen modal kerja pada komponen perputaran piutang selama kurun waktu 5(lima) tahun dapat dinyatakan kedalam kategori tidak efektif dan efisien dimana diketahui bahwa perputaran piutang mengalami perlambatan serta perkembangan perputaran persediaan dan perputaran modal kerja pada tahun 2020 mengalami penurunan yang signifikan hal tersebut disebabkan karena pengendalian manajemen modal kerja yang belum efektif dan belum efisien. Pada tingkat pelayanan dan profitabilitas dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan dan profitabilitas yang diperoleh belum efektif dan efisien hal tersebut disebabkan karena target penjualan yang diharapkan koperasi belum terealisasi dengan volume penjualan yang dicapai, maka dapat diketahui adanya keterkaitan mengenai manajemen modal kerja, pelayanan dan profitabilitas. Sehingga profitabilitas yang diperoleh dipengaruhi oleh manajemen modal kerja dan pelayanan yang efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Modal Kerja, Pelayanan, Profitabilitas |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 07:05 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 07:05 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1381 |
Actions (login required)
View Item |