Marlina, Mia (2021) BAURAN PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN TRANSAKSI ANGGOTA (Study Kasus Pada Unit Perdagangan Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya Kabupaten Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (64kB) |
Abstract
Penelitian ini mengenai Bauran Pemasaran sebagai upaya meningkatkan transaksi anggota di koperasi konsumen mulia RSUD majalaya. Transaksi anggota sangat diperlukan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan koperasi. Karena anggota koperasi memiliki identitas ganda yaitu sebagai pemilik dan pelanggan. Artinya bahwa usaha koperasi memang ditujukan terutama untuk melayani anggota. Salah satu cara untuk meningkat transaksi anggota adalah dengan melakukan bauran pemasaran. Bauran pemasaran bertujuan untuk menarik minat anggota koperasi agar anggota melakukan transaksi di koperasi. Bauran Pemasaran memiliki pengertian seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasarnya. Aspek bauran pemasaran terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa. Harga adalah sejumlah uang yang mempunyai nilai tukar untuk memperoleh keuntungan dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa. Tempat merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia pada konsumen sasaran. Promosi adalah semua kegiatan yang dilakukan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran. Jika dari keempat aspek tersebut baik dan sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen, maka diharapkan konsumen akan melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan transaksi anggota pada Unit Perdagangan Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya. Penelitian yang digunakan dengan study kasus yang menitik beratkan pada viii analisis deskriptif dengan mempelajari, memahami, dan menganalisis data yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui Wawancara, Observasi, Study Pustaka, Kuisioner. Hasil ini penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran yang dilakukan sudah cukup baik dan cukup sesuai dengan kebutuhan dan harapan anggota. Aspek Produk dan Tempat sudah dilakukan dengan baik tetapi lebih baik jika ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Sedangakan aspek Harga dan Promosi masih belum optmal sehingga masih perlu ditingkatkan. Hal tersebut dirasa bisa untuk meningkatkan transaksi nggota. Oleh karena itu Unit Perdagangan Koperasi Konsumen MULIA RSUD Majalaya perlu memperbaikai bauaran pemasaran yang dilakukan sehingga bauran pemasaran yang dilakukan dapat sesuai dengan kebutuhan anggota, harapan anggota dan menigkatkan transaksi anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Transaksi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:05 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:05 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |