ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM UPAYA PENETAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA (Studi kasus pada Rumah Pangan Kita Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar)

Ganingsih, Wida (2021) ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM UPAYA PENETAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA (Studi kasus pada Rumah Pangan Kita Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (27kB)

Abstract

Wida Ganingsih, Analisis Business Model Canvas (BMC) dalam upaya penetapan strategi pengembangan Usaha Studi kasus pada Rumah Pangan Kita Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar yang bealamat di Jalan Soekarno Hatta Jatisari, Buahbatu,Kota Bandung Jawa Barat. Penelitian ini dibawah bimbingan Ibu Dr.Hj.Inne Risnaningsih, SE.,MSi Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar yaitu koperasi besar dengan jumlah Karyawan atau Anggota yang cukup banyak dan memiliki beberapa unit usaha. Salah satu usaha yang dijalankan Kopel Bulog Divre Jabar yaitu pengelolaan RPK (Rumah Pangan Kita) yaitu outlet kecil yang menjual berbagai produk pangan. Rumah Pangan Kita (RPK) ini merupakan jaringan Pemasaran Perum Bulog yang bertujuan membangkitkan usaha rakyat kecil serta untuk pelayanan pangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan strategi pengembangan usaha dengan analisis Business Model Canvas meliputi 9 elemen yaitu Customer Segments (Segmentasi Konsumen), Value Proposition (Proposisi Nilai Konsumen), Channel (Saluran), Revenue Streams (Sumber Pendapatan), Key Resource (Sumber Daya), Customer Relationship (Hubungan Konsumen), Key Activities (Aktivitas yang Dijalankan), Key Patnership (Kerjasama), Cost Structure (Struktur Biaya). Penyusunan strategi dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan Peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman melalui matriks IFAS dan EFAS, dan matrik SWOT. Dari hasil penelitian identifikasi Business Model Canvas ini dapat diketahui Kondisi usaha masing-masing elemen. Customer Segments, Usaha RPK sasaran pelanggannya pada masyarakat sekitar kantor Dinas dan anggota, value propositionsmenjaga kualitas produk dan pelayanan dalam penjualan produk, dan promosi, Channels, Usaha RPK, penjualan secara langsung. dan menambah mitra penjualan, customer relationships, Usaha RPK memiliki hubungan yang baik dengan para pelanggan , Revenue Streams, Usaha RPK menjaga kesesuaian antara harga yang ditawarkan dengan value yang diberikan kepada pelanggan, Key Resource, Usaha RPK menambah jumlah produk agar mampu memenuhi penjualan pelanggan, menambah modal pinjaman untuk melakukan pengadaan stok produk, Key Activities, Usaha RPK Melakukan promosi, Key Patnership, hubungan Kerjasama dengan para patner yang sudah ada, Cost Structure, dikeluarkan yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Dari hasil analisis SWOT diketahui posisi usaha berada pada kuadran III yaitu mendukung startegi pemanfaatan Peluang yang memfokuskan pada strategi pengembangan usaha menggunakan strategi W-O, yaitu strategi yang didapat berdasarkan pemanfaatan Peluang yang ada, dengan mengatasi kelemahan�kelemahan yang dimiliki Usaha RPK Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Business Model, Pengembangan Usaha
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 23 May 2023 06:22
Last Modified: 23 May 2023 06:22
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item