Komara, Adi Sukma (2018) ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA ATAS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Hikmah Guru Cikeruh Kecamatan Jatinangor). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (51kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (53kB) |
Abstract
KPRI Hikmah Guru Cikeruh (KHGC) merupakan salah satu koperasi di kawasan Sumedang yang menyediakan jasa pelayanan simpan pinjam untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Namun dalam beberapa tahun terakhir terdapat keluhan anggota terhadap realisasi dana pinjaman yang lambat, kurang nyamannya ruang tunggu koperasi dan waktu buka serta tutup koperasi yang belum teratur. Sehingga hal tersebut mengakibatkan peningkatan jumlah anggota yang keluar pada tahun 2017, dimana fenomena ini (exit) merupakan alat partisipasi anggota untuk menekan pihak manajemen. Tentu hal ini terjadi karena pelaksanaan pelayanan KPRI Hikmah Guru Cikeruh yang kurang optimal. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tanggapan anggota atas tingkat kepentingan dan tingkat kinerja pelayanan KPRI Hikmah Guru Cikeruh (2) Mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan tingkat kepuasan anggota koperasi atas pelaksanaan pelayanan KPRI Hikmah Guru Cikeruh (3) Mengetahui upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan oleh KPRI Hikmah Guru Cikeruh untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagi pelanggan. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner dan data sekunder berasal dari lieratur buku dan internet. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar anggota menilai pelayanan KPRI Hikmah Guru Cikeruh berada pada kategori penting dan baik. Akan tetapi rata-rata nilai kesesuaian pelayanan KPRI Hikmah Guru Cikeruh tersebut sebesar 99,69 persen. Hal ini berarti bahwa secara umum kinerja pelayanan KPRI Hikmah Guru Cikeruh belum dapat memenuhi semua keinginan anggotanya. Akan tetapi, sebagian besar kepuasan anggota cenderung terdapat pada pelayanan-pelayanan yang dianggap berlebihan kinerjanya padahal tidak begitu dipentingkan oleh anggota. Oleh karena itu, dari hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukan bahwa KPRI Hikmah Guru Cikeruh harus memperhatikan pelayana pada kuadran Prioritas Utama (A) sebanyak 2 atribut dan memperhatikan fasilitas fisik yang digunakan dalam melayani anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Anggotan, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:47 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1756 |
Actions (login required)
View Item |