Marice Da silva, Gabriella Andriyani (2019) STUDI TERHADAP KEPEMIMPINAN MANAJER DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Koperasi Kredit Obor Mas Kantor Cabang Agrobisnis Maumere, Nusa Tenggara Timur). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan-dikompresi.pdf Download (244kB) |
|
Text
Bab 1-dikompresi.pdf Download (477kB) |
|
Text
Bab 2-dikompresi.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
Text
Bab 3-dikompresi.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
Bab 4-dikompresi.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
Text
Bab 5-dikompresi.pdf Download (109kB) |
|
Text
Daftar Pustaka-dikompresi.pdf Download (106kB) |
Abstract
Gabriella Andriyani Marice Da silva, 2015, Studi Terhadap Kepemimpinan Manajer dan Kepuasan Kerja Karyawan di Kopdit Obor Mas Kantor Cabang Agrobisnis Maumere dibimbing oleh Ir.H. Nurhayat Indra, M.Sc. Tujuan dar ipenelitian ini adalah untuk menggali fakta tentang kepemimpinan manajer dan kepuasan kerja karyawan. Dan juga untuk mengetahui hubungan kepemimpinan manajer dan kepuasan kerja karyawan, serta upaya peningkatan kepuasan kerja melalui peran manajer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk hubungan kausal (sebab akibat), terdiri dari dua variabel. Kepemimpinan manajer (X) sebagai variabel independen dan kepuasan kerja sebagai variabel dependen. Jenis data yang digunakana dalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuisioner dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi. Penelitian ini dilakukan di Kopdit Obor Mas Kantor Cabang Agrobisnis Maumere. Dari hasil penelitian dan pengolahan data dapat menunjukkan bahwa kepemimpinan manajer dan kepuasan kerja termasuk dalam kategori cukup baik. Dan juga terdapat hubungan yang positif dan searah antara kepemimpinan manajer terhadap kepuasan kerja karyawan dengan keeratan hubungan 0,3877 berdasarkan kategori yang digunakan. Terdapat 3 (tiga) indikator variabel kepemimpinan manajer yang masuk dalam kategori kurangbaik, yaitu komunikasi efektif terhadap atasan dan bawahan, mencegah timbulnya konflik, dan bersikap netral terhadap semua karyawan. Pada variabel kepuasan kerja terdapat 3(tiga) indikator juga yang termasuk dalam kategori kurangbaik, yaitu pengawasan terhadap kerja karyawan, pembinaan professional pimpinan, dan kerjasama antar karyawan. Karyawan merasa kurang puas berkaitan dengan ketiga indikator tersebut. Lebih dari 50 % responden memilih tidak setuju terhadap pertanyaan berkaitan dengan indikator- indikator tersebut. Upaya peningkatan kepuasan kerja dapat dioptimalka nmelalui peranan manajer sebgai pemimpin. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara keseluruhan kepemimpinan manajer menentukan kepuasan kerja karyawan. Kepemimpinan manajer semakin baik, maka kepuasan kerja yang diarasakan karyawan semakin bertambah pula. Manajer melaksanakan peranannya cukup baik, dan kepuasan kerja yang diperoleh cukup baik. Saran yang diberikan kepada manajer adalah meningkatkan pengawasan terhadap kerja karyawan, memberikan reward, dan lebih mendengarkan pendapat karyawan, dan memperhatikan keluhan darikaryawan. Selain itu karyawan juga perlu memperhatikan hubungan yang harmonis dengan rekan kerja, dan lebih terbuka kepada pimpinan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Manajer Dan Kepuasan Kerja Karyawan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:09 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:09 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/205 |
Actions (login required)
View Item |