ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MALA CAKE AND COOKIES DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING DAN PERAN KOPERASI SUKSES BERSAMA DALAM MENUNJANG USAHA ANGGOTA (Studi Kasus pada salah satu anggota Koperasi Sukses Bersama Kabupaten Bandung)

Melati, Putri Yesiyanasari (2019) ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MALA CAKE AND COOKIES DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING DAN PERAN KOPERASI SUKSES BERSAMA DALAM MENUNJANG USAHA ANGGOTA (Studi Kasus pada salah satu anggota Koperasi Sukses Bersama Kabupaten Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (41kB)

Abstract

Putri Yesiyanasari Melati , Analisis Pengembangan Usaha Mala Cake and Cookies dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing serta Peran Koperasi dalam Menunjang Usaha Anggota (Studi Kasus pada salah satu Anggota Koperasi Sukses Bersama Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat). Dibimbing oleh Hj. Yeni Wipartini SE., MTi. Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sektor Koperasi harus terus diberdayakan untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat ini. Pemberdayaan kedua sektor tersebut dapat dilakukan dengan menyatupadukan kekuatan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dan potensi perkoperasian. Usaha Mala Cake and Cookies merupakan usaha yang dimiliki salah satu anggota Koperasi Sukses Bersama. Usaha Mala Cake and Cookies dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan permintaan, hal tersebut menjadi sebuah peluang untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan daya saing. Pengembangan Usaha Mala Cake and Cookies dengan menganalisis SWOT dan menyusun Business Plan diharapkan dapat meningkatkan daya saing. Tujuan dilakukannya kajian ini adalah untuk menganalisa pengembangan usaha Mala Cake and Cookies guna meningkatkan daya saing. Lokasi penelitian dilaksanakan di tempat Mala Cake and Cookies dan Koperasi Sukses Bersama di Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan, yaitu pada bulan Februari sampai bulan Maret 2019. Adapun metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis SWOT dan analisis studi kelayakan bisnis untuk mengetahui layak atau tidaknya pengembangan usaha ini serta mengetahui alternatif strategi yang akan diterapkan. Hasil analisis SWOT usaha Mala Cake and Cookies dikuadaran I yaitu strategi pertumbuhan yang agresif, alternatif strategi yang tepat yaitu strategi S-O Artinya perusahaan memiliki kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang peluang yang ada di luar perusahaan yang ada. Hasil analisis business plan dari aspek pasar dan pemasaran, teknis/operasi, manajemen dan organisasi, serta keuangan, pengembangan usaha ini baik untuk dijalankan. Modal investasi yang diperlukan untuk membuka kedai martabak Acil Gama sebesar Rp 53.907.500,00. Kriteria kelayakan finansial pengembangan usaha ini PP 2,47 tahun. NPV yang dihasilkan dengan umur usaha selama lima tahun adalah Rp Rp 468.128.500, IRR 42,91%, dan PI 15,1 kali. Dukungan koperasi dalam pengembangan usaha ini adalah : (1) harga bahan baku rendah, (2) jaminan pasokan kontinyu, (3) mengadakan pelatihan kepada anggota tentang pengembangan usaha, dan (4) bantuan pinjaman modal.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha Mala Cake Cookies
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:56
Last Modified: 13 Feb 2025 04:56
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item