Akbar, Hasan Fauzi (2022) ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN TOKO DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELANJA ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Niaga Koperasi Dharma Nirmala Mandiri Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (50kB) |
Abstract
Menurunnya volume transaksi pada Unit Niaga Koperasi Dharma Nirmala Mandiri dalam beberapa tahun terakhir menjadi masalah yang dihadapi koperasi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan unit niaga dan partisipasi belanja anggota pada unit niaga Koperasi Dharma Nirmala Mandiri Kota Bandung.Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Responden ditentukan dengan purposive sampling yaitu sejumlah 90 orang berasal dari anggota aktif koperasi. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara yang kemudian diolah dengan teknik skor dan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Unit niaga koperasi berdasarkan tanggapan responden dinyatakan sudah dikelola dengan baik, sementara partisipasi belanja anggota berdasarkan tanggapan responden dinyatakan cukup rendah; 2) Motif berbelanja anggota pada unit niaga koperasi berdasarkan tanggapan responden cenderung didasarkan pada kuatnya pada motif pelayanan, sementara motif lokasi/tempat adalah motif yang paling lemah; 3) Potensi belanja anggota per bulannya pada kebutuhan pokok anggota berpotensi mengeluarkan lebih dari Rp. 200.000 untuk membeli 10 – 15 jenis barang, lebih tinggi dibanding kebutuhan sekunder dimana anggota berpotensi mengeluarkan Rp. 50.000 – Rp. 100.000 untuk membeli 1 – 5 jenis barang. Sedangkan dari segi potensi berbelanja di tempat lain, anggota mempertimbangkan alasan lain, seperti diskon, program delivery order dan lain-lain. 4) Upaya meningkatkan partisipasi berbelanja anggota dilakukan koperasi dengan program pemberian voucer bagi anggota yang meminjam di unit simpan pinjam. Semakin besar jumlah pinjaman, semakin besar voucer yang diberikan. Saran dari hasil penelitian ini yaitu : 1) Saran teoretis yaitu pada penelitian selanjutnya disarankan melakukan penelitian dengan variabel-variabel serupa pada unit usaha lainnya di Koperasi Dharma Nirmala Mandiri sehingga dapat diketahui manajemen pengelolaan dan partisipasi anggota pada unit usaha lainnya di Koperasi Dharma Nirmala Mandiri; dan 2) Saran praktis yaitu bagi pengurus Koperasi Dharma Nirmala Mandiri dalam meningkatkan partisipasi belanja anggota disarankan menyusun dan menjalankan strategi promosi dan lebih mensosialisasikan unit niaga pada anggota dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk dapat lebih berpartisipasi. Upaya sosialisasi agar dilakukan lebih intens dan masif, dengan menekankan pada nilai-nilai kebersamaan guna mendukung koperasi dengan slogan dari anggota oleh anggota dan untuk anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pengelolaan Toko, Partisipasi Anggota, Unit Niaga Koperasi |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 08:25 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 08:25 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |