PERUMUSAN STRATEGI USAHA WASERDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budi Daya Kota Bandung)

Wantika, Luzni Assa’diyah (2022) PERUMUSAN STRATEGI USAHA WASERDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budi Daya Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (33kB)

Abstract

Koperasi Serba Usaha Budi Daya merupakan salah satu koperasi yang sampai saat ini berupaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya dengan cara mengembangkan layanan unit usaha Waserda yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dan barang konsumsi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan tingkat partisipasi anggota sebagai pelanggan yang cenderung menurun dengan rata-rata penurunan sebesar 34,13% sedangkan Waserda mempunyai target partisipasi anggota sebesar 50%. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan Analisis SWOT sehingga menghasilkan alternatif rumusan strategi seperti: pemanfaatan belanja online dengan menggunakan jasa delivery yang disediakan oleh Koperasi pada strategi SO, melengkapi variasi dan ketersediaan produk guna mengimbangi permintaan pasar yang meningkat pada strategi WO, meningkatkan pelayanan kemudahan berbelanja agar dapat bertahan dari para pesaing pada strategi ST dan melengkapi kelengkapan produk dan ketersediaan produk dan menyetarakan harga dengan pesaing sekitar pada strategi WT. Dari hasil rumusan strategi, Waserda berada pada kuadran 2 dimana koperasi dapat memanfaatkan kekuatan untuk mengurangi atau mengatasi ancaman yang ada. Maka strategi yang tepat untuk meningkatkan partisipasi anggota adalah strategi ST yaitu meningkatkan pelayanan kemudahan berbelanja agar dapat bertahan dari para pesaing, menjaga kualitas produk untuk mengatasi ancaman pesaing, menjaga keramahan karyawan saat anggota bertransaksi pada waserda

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Partisipasi Anggota, Strategi Bisnis
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:18
Last Modified: 11 Feb 2025 08:18
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item