ANALISIS KINERJA PENGURUS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha Budidaya Kota Bandung)

Arika, Nadia Rizki (2024) ANALISIS KINERJA PENGURUS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha Budidaya Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Cover-Daftar Isi(1) - nadiarizkii arikaa_compressed.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Bab I - nadiarizkii arikaa.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Bab II - nadiarizkii arikaa_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
Bab III - nadiarizkii arikaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
Bab IV - nadiarizkii arikaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
Bab V - nadiarizkii arikaa.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - nadiarizkii arikaa.pdf

Download (141kB)

Abstract

NADIA RIZKI ARIKA 2024, Analisis Kinerja Pengurus Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan studi kasus pada unit usaha simpan pinjam Koperasi Serba Usaha Budidaya kota Bandung, di bawah bimbingan Dandan Irawan. NADIA RIZKI ARIKA 2024, Analisis Kinerja Pengurus Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan studi kasus pada unit usaha simpan pinjam Koperasi Serba Usaha Budidaya kota Bandung, di bawah bimbingan Dandan Irawan. Koperasi Serba Usaha Budidaya Kota Bandung beranggotakan masyarakat di sekitar Jl. Rajamantri 2 yang memiliki kepentingan ekonomi yang sama, KSU Budidaya Kota Bandung memiliki tujuan untuk menyejahterakan anggotanya dan melandaskan usaha berdasarkan pada prinsip-prinsip koperasi. Partisipasi anggota sebagai pelanggan pada unit usaha simpan pinjam selama lima tahun ini cenderung mengalami penurunan, dan salah satu yang diduga memepengaruhi partisipasi anggota sebagai pelanggan yaitu kinerja pengurus pada koperasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kinerja pengurus pada KSU Budidaya di nilai oleh anggota sebagai responden, serta untuk mengetahui bagaimana partisipasi anggota sebagai pelanggan pada unit simpan pinjam KSU Budidaya. Hal tersebut akan menjadi faktor-faktor yang perlu diperhatikan koperasi untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan melalui kiinerja pengurus pada KSU Budidaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dimana metode ini bertujuan untuk membuat suatu penjelasan yang menggambarkan suatu keadaan secara sistematis, faktual dan akurat, serta bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan kuisioner yang diberikan kepada 32 responden yang merupakan anggota yang memiliki simpanan dan pinjaman pada KSU Budidaya kota Bandung dan 8 orang karyawan KSU Budidaya. Hasil penelitian menunjukkan beberapa indikator kinerja pengurus KSU Budidaya dengan menggunakan 11 indikator termasuk dalam kriteria “cukup baik” demikian pula pada partisipasi anggota sebagai pelanggan dengan menggunakan 2 indikator termasuk dalam kriteria “cukup baik”. Adapun hubungan kinerja pengurus dengan partisipasi anggota sebagai pelanggan saling berkaitan, karena jika kinerja pengurus baik maka partisipasi anggota sebagai pelanggan akan sesuai dengan yang diharapkan koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pengurus Koperasi, Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:54
Last Modified: 18 Jul 2025 07:54
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item View Item