ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Usaha Cicendomart I Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung)

Ramadhan, Rizky (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus pada Unit Usaha Cicendomart I Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
COVER - Rizky Ramadhan_compressed_compressed.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I - Rizky Ramadhan_compressed.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II - Rizky Ramadhan_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III - Rizky Ramadhan_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV - Rizky Ramadhan_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
SIMPULAN DAN SARAN - Rizky Ramadhan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Rizky Ramadhan_compressed.pdf

Download (192kB)

Abstract

Rizky Ramadhan, 2024. Analisis Kualitas Pelayanan Karyawan dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan studi kasus pada Unit Usaha Cicendomart I Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung di bawah bimbingan H. Dandan Irawan. Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung memiliki anggota 418 yang terdiri dari karyawan rumah sakit, dalam penelitian ini mengambil 39 orang anggota menjadi sampel penelitian. Permasalahan yang dihadapi Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung khususnya unit Cicendomart I yaitu tingkat partisipasi anggota sebagai pelanggan yang menurun diduga karena kualitas pelayanan karyawan yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kualitas pelayanan karyawan unit Cicendomart I Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo, untuk mengetahui partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Cicendomart I dan mengetahui upaya apa saja yang harus dilakukan oleh Unit Cicendomart I Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung agar partisipasi anggota sebagai pelanggan meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus yang menitik beratkan pada analisis deskriptif dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan karyawan yang diberikan unit usaha Cicendomart I Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo memperoleh nilai Cukup Baik dari tiap karyawan nya. Namun, ada beberapa unsur kualitas pelayanan yang harus diperbaiki dari tiap indikator tersebut agar partisipasi anggota sebagai pelanggan pun meningkat. Salah satu contohnya adalah ketepatan pelayanan karyawan dan karyawan dalam melayani anggota dengan cepat, hal tersebut perlu menjadi perhatian bagi karyawan karena skor kedua indikator tersebut memiliki skor yang lebih kecil dibandingkan dengan skor lainnya. Untuk partisipasi yang diberikan anggota terhadap Unit Cicendomart I dengan kriteria Cukup Baik. Namun dalam hal memberikan masukan, skor yang diperoleh adalah yang terendah dibandingkan dengan indikator lainnya. Dalam meningkatkan partisipasi anggota di unit usaha Cicendomart I Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo melalui kualitas pelayanan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam segi ketepatan dan kecepatan pelayanan karyawan dalam melayani anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Koperasi, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:57
Last Modified: 18 Jul 2025 07:57
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item