Wulandari, Dinda Fitria (2024) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM UPAYA MEMINIMALISASI PIUTANG TAK TERTAGIH (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Kamola Majalaya). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
|
Text
Cover-Daftar Isi_Skripsi Dinda Fitria W_ - Dinda Fitria_compressed.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
Bab 1_Skripsi Dinda Fitria Wulandari - Dinda Fitria_compressed.pdf Download (117kB) |
|
|
Text
Bab 2_Skripsi Dinda Fitria Wulandari - Dinda Fitria_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
|
Text
Bab 3_Skripsi Dinda Fitria Wulandari - Dinda Fitria_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
|
Text
Bab 4_Skripsi Dinda Fitria Wulandari - Dinda Fitria_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
|
Text
Bab 5_Skripsi Dinda Fitria Wulandari - Dinda Fitria.pdf Download (89kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Skripsi Dinda Fitria Wulandari - Dinda Fitria_compressed.pdf Download (113kB) |
Abstract
Dinda Fitria Wulandari, 2024. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dalam Upaya Meminimalisasi Piutang Tak Tertagih. Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Kamola Majalaya, di bawah bimbingan Ery Supriyadi R. dan Innas Susantira Katurini. Koperasi KKMK Kamola merupakan koperasi konsumen terdiri dari unit simpan pinjam dan unit perdagangan. Koperasi ini berdiri pada tanggal 9 September 1990 yang beranggotakan karyawan, mantan karyawan PT Kamola dan masyarakat umum yang berdomisili Majalaya. Beberapa permasalahan yang muncul berupa piutang tak tertagih cenderung meningkat, tidak menerapkan jaminan pada saat anggota mengajukan pinjaman, dan belum adanya fitur penagihan piutang dalam sistem informasi akuntansi pada aplikasi My KKMK Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi, kebijakan pemberian pinjaman, sistem akuntansi piutang, faktor penyebab piutang tak tertagih, upaya yang dilakukan koperasi dan rekomendasi bagi koperasi KKMK Kamola dalam meminimalisasi piutang tak tertagih. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari wawancara, kuesioner, observasi, dokumentasi dan studi pustaka yang selanjutnya di analisis secara deskriptif dengan mereduksi data, menyajikan data dalam bentuk flowchart, dan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koperasi KKMK Kamola belum memiliki fitur penagihan pada aplikasi My KKMK Mobile, belum menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Operasional Manajemen (SOM) tertulis dalam proses keseluruhan pengkreditan, penyajian piutang SP dan piutang khusus belum menyajikan piutang bersih dalam laporan neraca, kurangnya ketegasan koperasi dalam penagihan dan tidak memberikan sanksi kepada anggota, tidak ada jaminan yang diberikan anggota kepada koperasi, dan belum ada bagian penagihan piutang pada koperasi KKMK Kamola.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Akuntansi, Piutang Tak Tertagih, Koperasi, Piutang |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA AKUNTANSI > AKUNTANSI KEUANGAN |
| Depositing User: | Ana Farkhana |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:26 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 08:26 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
