AULIA, DEA (2023) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN : Studi Kasus Pada Unit Cicendomart1 Koperasi Pegawai RS Mata Cicendo Bandung. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER - DAFTAR ISI - Dea Aulia.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
BAB I - Dea Aulia.pdf Download (215kB) |
|
|
Text
BAB II - Dea Aulia.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
|
Text
BAB III - Dea Aulia.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
|
Text
BAB IV - Dea Aulia.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
|
|
Text
BAB V - Dea Aulia.pdf Download (49kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Dea Aulia.pdf Download (131kB) |
Abstract
DEA AULIA, 2023. Analisis Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Unit Cicendomart 1 Koperasi Pegawai RS Mata Cicendo Bandung), di bawah bimbingan Hj. Endang Wahyuningsih. Koperasi Pegawai RS Mata Cicendo merupakan koperasi yang memiliki 436 anggota yang terdiri dari para karyawan Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Dalam rangka memenuhi kebutuhan anggotanya, Koperasi Pegawai RS Mata Cicendo memiliki 6 unit usaha. Penelitian ini berfokus pada Unit Cicendomart 1. Berdasarkan survey pendahuluan, terdapat beberapa fenomena seperti tidak tercapainya target penjualan pada setiap tahunnya. Hal ini diduga karena pelaksanaan bauran pemasaran yang kurang optimal, seperti kelengkapan dan variasi produk yang kurang beragam serta beberapa produk memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai bauran pemasaran yang dilaksanakan oleh unit Cicendomart 1 dan upaya meningkatkan volume penjualan melalui perbaikan pelaksanaan bauran pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study), data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka yang di analisis secara deskriptif. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 76 orang, yang terdiri dari 41 orang anggota koperasi dan 35 orang non anggota koperasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bauran pemasaran di Unit Cicendomart 1 termasuk dalam kriteria baik. Skor terendah pada penilaian pelaksanaan bauran pemasaran adalah pada indikator kelengkapan produk yang dijual dengan total skor 243 sehingga performanya perlu ditingkatkan, dan skor tertinggi pada pelaksanaan adalah indikator kualitas produk dengan total skor 329 sehingga performanya perlu dipertahankan atau ditingkatkan. Sedangkan untuk tingkat harapan paling tinggi adalah indikator keleng-kapan produk dengan total skor 362 dan tingkat harapan paling rendah adalah layanan pesan antar dengan total skor 312. Oleh karena itu, apabila pelaksanaan bauran pemasaran yang dilakukan oleh unit Cicendomart 1 sudah sesuai dengan harapan, maka dapat menarik minat anggota maupun non anggota untuk melakukan transaksi di Unit Cicendomart 1 sehingga dapat mengakibatkan pada peningkatan volume penjualan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:14 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:14 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
