ANALISIS PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SEBAGAI PELANGGAN DAN PEMILIK TERHADAP RETURN ON EQUITY (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung)

AZIZ, ABDUL (2024) ANALISIS PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SEBAGAI PELANGGAN DAN PEMILIK TERHADAP RETURN ON EQUITY (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
COVER_ABDUL AZIZ - Abdul Aziz._compressed.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I (ABDUL AZIZ) - Abdul Aziz_compressed.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB II (ABDUL AZIZ)_ - Abdul Aziz_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III (ABDUL AZIZ)_ - Abdul Aziz_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV (ABDUL AZIZ)_ - Abdul Aziz_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V (ABDUL AZIZ) - Abdul Aziz_compressed.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (ABDUL AZIZ) - Abdul Aziz_compressed.pdf

Download (47kB)

Abstract

Abdul Aziz, 2024. “Analisis Partisipasi Anggota Koperasi Sebagai Pelanggan dan Pemilik Terhadap Return on Equity”. (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung). Di bawah bimbingan Trida Gunadi dan Nanang Sobarna. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koperasi dalam memaksimalkan manfaat ekonomi tidak langsung berupa SHU bagian anggota berdasarkan jumlah modal sendiri yang dimilikinya, sehingga terjadi penurunan rasio Return on Equity. Hal tersebut diduga dapat dipengaruhi oleh artisipasi anggota koperasi sebagai pelanggan dan pemilik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh partisipasi anggota sebagai pelanggan dan pemilik terhadap Return on Equity serta menganalisis apa saja upaya yang dapat dilakukan oleh manajemen koperasi serta anggota sebagai pelanggan dan pemilik untuk meningkatkan Return on Equity. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus melalui pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil wawancara tidak terstruktur dan data sekunder berupa laporan RAT serta laporan pendukung lainnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari partisipasi anggota sebagai pelanggan (X1) terhadap variabel Return on Equity (Y). Terdapat pengaruh negatif dan signifikan secara parsial dari partisipasi anggota sebagai sebagai pemilik (X2) terhadap variabel Return on Equity (Y). Kemudian terdapat pengaruh signifikan secara simultan dari variabel partisipasi anggota sebagai pelanggan dan pemilik terhadap Return on Equity dengan nilai (R2) sebesar 0,928 sehingga besarnya kontribusi pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 92,8%. Sedangkan sisanya 7,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Upaya dalam meningkatkan Return on Equity yaitu manajemen koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggotanya baik dalam hal layanan pinjaman ataupun lainnya. Kemudian anggota sebagai pelanggan harus lebih aktif dalam memanfaatkan layanan yang disediakan koperasi dan sebagai pemilik selain aktif membayar simpanan pokok dan simpanan wajib, tetapi juga harus aktif mengemukakan aspirasinya pada saat rapat anggota terkait pengelolaan modal sendirinya agar lebih produktif dalam menghasilkan Sisa Hasil Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Return on Equity, Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan dan Pemilik
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:49
Last Modified: 06 Nov 2025 08:49
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item