Nurhidayat, Dhyta Marliani (2024) ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Perdagangan Kedelai KOPTI Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
|
Text
Cover s_d Daftar Isi_Dhyta Marliani_compressed - Dhyta Marliani N.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
BAB I_Dhyta Marliani_compressed - Dhyta Marliani N.pdf Download (143kB) |
|
|
Text
BAB II_Dhyta Marliani N_C1200165_compressed - Dhyta Marliani N.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
|
Text
BAB III_Dhyta Marliani N_C1200165_compressed - Dhyta Marliani N.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text
BAB IV_Dhyta Marliani N_C1200165_compressed - Dhyta Marliani N.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
|
Text
BAB V_Dhyta Marliani N_C1200165_compressed - Dhyta Marliani N.pdf Download (75kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Dhyta Marliani N_compressed.pdf Download (87kB) |
Abstract
Dhyta Marliani Nurhidayat 2024, Analisis Pelaksanaan Pelayanan Ditinjau Dari Perspektif Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Anggota. (Studi Kasus Pada Unit Perdagangan Kedelai KOPTI Kota Bandung). Di bawah bimbingan Hj. Nanik Risnawati. Penelitian ini berfokus pada unit perdagangan kedelai KOPTI di Kota Bandung. Setiap tahun, penyaluran kedelai tidak pernah mencapai target tahunan sebesar 4.200.000 kg. Selain itu, terdapat lebih dari 67% anggota KOPTI Kota Bandung yang bersikap pasif selama periode 2019-2023. Hal ini diduga karena adanya ketidakpuasan anggota akan pelayanan koperasi, dimana pelayanan unit perdagangan kedelai KOPTI Kota Bandung belum mencapai tingkat yang optimal. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui pelaksanaan pelayanan yang dilakukan KOPTI Kota Bandung, mengetahui tanggapan dan harapan anggota di unit perdagangan kedelai KOPTI Kota Bandung, mengetahui tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan, dan upaya-upaya apa saja yang perlu dilakukan oleh KOPTI Kota Bandung untuk meningkatkan kepuasan anggota. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu metode penelitian yang bersifat deskriprif dengan maksud untuk memahami, mempelajari, dan menganalisis data. Penggunaan pendekatan secara khusus dan mendalam malalui wawancara , kuesioner dan pengamatan langsung, alat analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pelayanan KOPTI Kota Bandung dianggap memadai oleh anggota aktif maupun pasif, tetapi masih terdapat beberapa pelayanan yang perlu ditingkatkan untuk lebih memenuhi harapan anggota. Dengan melihat dari diagram kartesius, indikator yang perlu di perbaiki pada kuadran I, yaitu harga kedelai, konsistensi kualitas kedelai, responsif terhadap permintaan anggota, ketersediaan kedelai. Untuk itu, KOPTI Kota Bandung perlu memperbaiki pelaksanaan pelayanannya sehingga dapat meningkatkan kepuasan anggota lebih optimal.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Prima, Kepuasan, Diagram Kartesius |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
| Depositing User: | Ana Farkhana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:49 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:49 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
