ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha SAPROTAN Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Jalan Raya Tomo, Kabupaten Sumedang)

SARI, FHIRNA AYU PUSPITA (2025) ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha SAPROTAN Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri Jalan Raya Tomo, Kabupaten Sumedang). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONES.

[img] Text
Cover - fhirna ayu.pdf

Download (260kB)
[img] Other
Bab I - fhirna ayu.PDF

Download (540kB)
[img] Text
Bab II - fhirna ayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
Bab III - fhirna ayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
Bab IV - fhirna ayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Other
Bab V - fhirna ayu.PDF

Download (278kB)
[img] Other
Daftar Pustaka - fhirna ayu.PDF

Download (158kB)

Abstract

Fhirna Ayu Puspita Sari. 2025. Analisis Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Anggota, studi kasus pada Unit Usaha Sarana Prosuksi Peratanian Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri. Beralamat di di Jalan Raya Tomo Sumedang, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Dady Nurpadi dan Adri Arisena. Koperasi Pertanian Sumber Tani Mandiri merupakan koperasi yang bergerak di bidang pertanian dan menjalankan tiga unit usaha, yaitu simpan pinjam, sarana produksi pertanian (SAPROTAN), dan waserda. Permasalahan yang dihadapi koperasi adalah menurunnya partisipasi anggota, khususnya pada unit usaha SAPROTAN, meskipun unit ini memiliki volume penjualan tertinggi. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang belum optimal dan kurangnya pembeda antara pelayanan yang diberikan kepada anggota dan nonanggota. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada loyalitas anggota dan keberlanjutan usaha koperasi di masa depan, sehingga diperlukan strategi bisnis yang tepat guna meningkatkan kualitas pelayanan secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merumuskan strategi bisnis koperasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya pada unit usaha SAPROTAN. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Pengukuran kualitas pelayanan dilaku-kan dengan menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis melalui perhitungan kriteria interval. Selanjutnya, untuk merumuskan strategi, digunakan analisis SWOT yang didukung oleh matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan koperasi berada dalam kategori baik, namun aspek kecepatan dan ketepatan pelayanan masih berada dalam kategori cukup baik. Sementara itu, hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa koperasi berada pada posisi strategi Strength–Opportunity (SO). Terdapat 3 (tiga) rekomendasi strategi yaitu, (1) mengoptimalkan lokasi strategis koperasi untuk memperluas layanan dan menarik petani sekitar agar menjadi anggota, (2) memaksimalkan peran karyawan dalam memberikan edukasi dan konsultasi produk agar pelayanan menjadi lebih informatif dan personal, dan (3) memanfaatkan media sosial dan platform digital untuk mempromosikan produk SAPROTAN yang berkualitas dan kompetitif.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: SWOT, Strategi Bisnis, Kualitas Pelayanan, Koperasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:48
Last Modified: 17 Nov 2025 04:48
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item