Hidayatulloh, Kikin (2025) ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PRODUK CICIL EMAS BANK SYARIAH INDONESIA DAN KEPATUHAN TERHADAP FATWA NO 77/DSN-MUI/V/2010 TENTANG JUAL BELI EMAS SECARA TIDAK TUNAI (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Cinunuk). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER-DAFTAR ISI - Hidayat Kkn.pdf Download (967kB) |
|
|
Text
BABI - Hidayat Kkn.pdf Download (677kB) |
|
|
Text
BABII - Hidayat Kkn.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) |
|
|
Text
BABIII - Hidayat Kkn.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
|
Text
BABIV - Hidayat Kkn.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
|
|
Text
BABV - Hidayat Kkn.pdf Download (466kB) |
|
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA - Hidayat Kkn.pdf Download (429kB) |
|
|
Text
Jurnal Kajian Koperasi - Hidayat Kkn.pdf Download (787kB) |
Abstract
Kikin Hidayatulloh. 2025, Analisis Kepuasan pelayanan produk cicil emas bank syariah Indonesia dan kepatuhan terhadap fatwa No. 77/DSN-MUI/V/2010 tentang jual beli emas secara tidak tunai. Di bawah bimbingan dosen pembimbing Bapak Trida Gunadi dan Ibu Siti Nurhayati. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat masyarakat terhadap produk cicil emas pada perbankan syariah, khususnya Bank Syariah Indonesia (BSI). Namun, pertumbuhan tersebut perlu dikaji dari dua aspek utama yaitu kepuasan pelayanan terhadap produk serta sejauh mana pelaksanaan produk tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip syariah sebagaimana diatur dalam fatwa DSN-MUI No. 77. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan produk cicil emas serta menilai kepatuhan implementasi produk tersebut terhadap fatwa yang berlaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 74 responden nasabah produk cicil emas di BSI KCP Cinunuk. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup yang mengukur dimensi kualitas pelayanan (keandal-an, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) serta indikator kepatuhan terhadap prinsip syariah. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan nasabah berada dalam kategori sangat baik, dengan dimensi keandalan dan empati memberikan skor tertinggi. Selain itu, persepsi nasabah terhadap kepatuhan produk terhadap fatwa DSN-MUI No. 77 juga menunjukkan nilai yang positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan pelayanan dan kepatuhan syariah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat dan loyalitas nasabah dalam menggunakan produk cicil emas di BSI KCP Cinunuk.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kepuasan pelayanan, produk cicil emas, kepatuhan terhadap fatwa, perbankan syariah. |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA EKONOMI SYARIAH > MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 08:39 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 08:39 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
