Utami, Diah (2019) PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS ( BMC ) UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ( Studi Kasus Pada UMKM Kerupuk Ibu Khasanah Anggota Koperasi Surya Abadi di Kabupaten Purworejo ). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (497kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (364kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (197kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (168kB) |
Abstract
Diah Utami, Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Menentukan Strategi Pengembangan Usaha studi kasus pada UMKM Kerupuk Ibu Khasanah, Anggota Koperasi Surya Abadi di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Yuanita Indriani, Ir., M.Si dan Bapak Sir Kalifatullah Ermaya, S.T., M.M Usaha Kerupuk Khasanah merupakan usaha mikro kecil menengah di daerah Kutoarjo, yang memproduksi kerupuk tepung. Dan pemiliknya merupakan anggota dari Koperasi Surya Abadi. Usaha ini sudah berjalan sekitar 24 tahun, dan sudah memiliki sertifikat produksi pangan industri rumah tangga. Namun sampai saat ini usaha tersebut masih belum bisa berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pengembangan Usaha dengan menerapkan pada Business Model Canvas dan melalui analisis SWOT. Business Model Canvas meliputi 9 elemen yaitu Customer Segments, Value Preposition, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structures. Penyusunan strategi dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman melalui matrik IFAS dan EFAS, dan matrik SWOT. Dari hasil penelitian identifikasi Business Model Canvas ini dapat diketahui kondisi usaha masing – masing elemen. Customer Segments perusahaan fokus pada masyarakat penyuka di Kutoarjo. Value Preposition berupa produk dengan jaminan kualitas dan pelayanan. Channels memiliki pedagang perantara yang loyal. Customer Relationships perlu mempertahankan hubungan yang sudah baik dengan pelanggan. Revenue Streams dari penjualan produk kerupuk. Key Resources terdiri dari pemilik, bangunan, dan kendaraan. Key Activities terletak pada proses produksi dan penjualan produk. Key Partnerships terdiri dari pemasok bahan baku dan penyedia modal pinjaman. Cost Structures terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Dari hasil analisis SWOT diketahui posisi Usaha berada pada kuadran yaitu mendukung strategi Turn Around yang memfokuskan pada strategi pengembangan usaha menggunakan strategi W-O, yaitu strategi yang didapat berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada, dengan mengatasi kelemahan -kelemahan yang dimiliki Usaha Kerupuk Khasanah
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Model Canvas, Analisis SWOT, pengembangan usaha |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 08:41 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:41 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/282 |
Actions (login required)
View Item |