AZZAHRA, SARAH FATIMAH (2025) ANALISIS PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP KINERJA USAHA KOPERASI (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER - Sarah Fatimah Azzahra.pdf Download (456kB) |
|
|
Text
BAB I - Sarah Fatimah Azzahra.pdf Download (293kB) |
|
|
Text
BAB II - Sarah Fatimah Azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
|
Text
BAB III - Sarah Fatimah Azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
|
Text
BAB IV - Sarah Fatimah Azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
|
Text
BAB V - Sarah Fatimah Azzahra.pdf Download (218kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Sarah Fatimah Azzahra.pdf Download (181kB) |
Abstract
Sarah Fatimah Azzahra. 2025. Analisis Partisipasi Anggota Terhadap Kinerja Usaha Koperasi, Studi Kasus Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini dibimbing oleh Rima Elya Dasuki. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan partisipasi anggota selama 5 tahun terakhir (2020–2024). Jumlah anggota aktif turun dari 471 menjadi 408 anggota dan kinerja keuang-an koperasi tidak stabil, terlihat dari fluktuasi return on asset(ROA). Koperasi seharusnya dikelola secara partisipatif oleh anggotanya sesuai UU No. 25/1992. Diduga, penurunan ini disebabkan oleh kurangnya kontribusi modal anggota, minimnya anggota baru, dan anggota lebih banyak bertransaksi di luar koperasi akibat terbatasnya produk dan layanan. Penelitian ini menggunakan metode Balanced Scorecard untuk mengevaluasi kinerja koperasi dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan: analisis ROA dan pembagian SHU. Perspektif pelanggan: tingkat kepuasan anggota terhadap layanan yang diberikan. Perspektif proses bisnis internal: evaluasi kinerja dari setiap unit usaha. Perspektif pembela-jaran dan pertumbuhan: pelatihan yang diberikan kepada anggota dan pengurus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perspektif keuangan, ROA koperasi mengalami perubahan, yaitu 1% pada tahun 2020, 7% pada tahun 2021, dan turun drastis menjadi 4% pada tahun 2024. Dari perspektif pelanggan, berdasarkan hasil analisis dan wawancara, banyak anggota yang tidak puas karena produk yang ditawarkan terbatas. Dalam perspektif proses bisnis internal, beberapa unit usaha seperti parkir ditutup karena kurang modal, sedangkan minimarket memiliki pendapatan yang tidak stabil. Dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, pelatihan hanya dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu saat rapat anggota, sehingga dinilai kurang efektif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Anggota, Kinerja Koperasi, Balanced Scorecard |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:16 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:16 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
