Tarigan, Maycel Theo Pilus (2025) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELANJA ANGGOТА (Studi Kasus Pada Unit Waserda Koperasi Karyawan PD Kebersihan Dharma Nirmala Mandiri, Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
Cover Maycel Theo Pilus Tarigan.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Bab 1- Maycel Theo Pilus Tarigan.pdf Download (402kB) |
|
|
Text
Bab 2 - Maycel Theo Pilus Tarigan.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
|
Text
Bab 3 Maycel Theo Pilus Tarigan.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
|
Text
Bab 4 Maycel Theo Pilus Tarigan.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
|
Text
Bab 5 Maycel Theo Pilus Tarigan.pdf Download (317kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka Maycel Theo Pilus Tarigan.pdf Download (356kB) |
Abstract
Maycel Theo Pilus Tarigan 2025. Analisis Bauran Eceran Dalam Upaya Meningkatkan Pertisipasi Belanja Anggota di bawah Bimbingan H. Dindin Burhanudin Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai analisis data informasi mengenai bauran eceran dan pertisipasi belan-ja anggota pada Koperasi Karyawan PD Kebersihan Dharma Nimala Mandiri Kota Bandung. Adapun latar belakang peneliti-an ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah dalam bauran eceran pada Koperasi Karyawan PD Kebersihan Dharma Nirmala Mandiri Kota Bandung, serta pertisipasi belanja anggota Koperasi Karyawan PD Kebersihan Dharma Nirmala Mandiri Kota Bandung dari tahun 2019-2023. Untuk menganalisis permasalahan tersebut, penelitian menggu-nakan teori bauran eceran Ma'ruf (2006) yang menjelaskan peningkatkan partisipasi belanja anggota. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuan-titatif. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mening-katkan partisipasi belanja anggota melalui bauran eceran Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa unsur yang berada pada Kuadran I (prioritas utama), seperti harga di bawah pasar, harga di atas pasar, pemberian informasi, dan customer service, yang dianggap penting oleh anggota namunpelaksanaannya masih kurang optimal. Unsur pada Kuadran II menunjukkan kinerja baik dan perlu dipertahankan Sementa-ra itu, unsur pada Kuadran III dan IV meskipun kurang pen-ting, tetap memiliki potensi untuk diperbaiki demi menarik minat anggota. Faktor partisipasi anggota juga dipengaruhi oleh jarak tempat tinggal, waktu pembelanjaan, serta skema pembayaran tunai maupun kredit. Berdasarkan hasil tersebut, disarankanagar pengelola lebih fokus pada peningkatan kuali-tas pelayanan dan komunikasi, serta melakukan evaluasi harga dan strategi pemasaranyang tepat untuk meningkatkan partisi-pasi anggota secara berkelanjutan
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bauran Eceran, Partisipasi Anggota, Koperasi, Diagram Kartesius, Waserda. TR |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 08:40 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 08:40 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
