ANALISIS KINERJA PENGURUS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTА (Studi Kasus Pada Koperasi Produsen KSU Tandangsari, kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang Jawa Barat)

Wamir, Martha F. (2025) ANALISIS KINERJA PENGURUS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTА (Studi Kasus Pada Koperasi Produsen KSU Tandangsari, kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, NIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Cover - Martha F Wamir.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Martha.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Bab II Martha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
Bab III Martha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
Bab IV Martha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
Bab V Martha.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Martha.pdf

Download (261kB)

Abstract

Martha F. Wamir. 2025. "Analisis kinerja pengurus dalam upaya meningkatkan kepuasan anggota" Studi kasus pada Koperasi Produsen KSU Tandangsari. dibawah bimbingan Siti Maryam Koperasi Produsen KSU Tandangsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumdang Jawa Barat. dengan Hak Badan Hukum: 7521/BH/PAD/DK.10.13/1II/2002. Рermasalah yang terjadi yaitu harga penerimaan susu yang diberikan kepada anggota masih belum memuaskan anggota hal ini disebabkan oleh tingginya biaya penanganan dan operasional koperasi, sehingga koperasi belum dapat memberikan harga yang optimal kepada anggota. dan untuk jasa (Bunga) simpan pinjam yang relatif Rendah kondisi ini terjadi karena keterbatasan modal sendiri yang dimiliki koperasi, sehingga koperasi tidak mampu menyalurkan pinjaman dengan bunga rendah, selain itu untuk proses pencairan pinjaman yang lambat, keterlambatan ini disebebkan oleh sistem administrasi yang belum efisien serta keterbatasan sumber manusia yang menangani pelayanan pinjaman dan Manajerial bagi pengurus Koperasi Produsen KSU Tandangsari perlu meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan melalui pengelolaan sumber daya manusia yang profesional, penerapan sistem administrasi yang lebih efisien, serta transparansi dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pengurus pada Koperasi Produsen KSU Tandangsari, Bagaimana kepuasan anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Koperasi Produsen KSU Tandangsari dan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan oleh Koperasi Produsen KSU Tandangsari guna meningkatkan kepuasan anggota. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan mempelajari, memahami, dan gambaran secara optimal atau fenomena yang terjadi permasalahan dalam penelitian yang ada di identifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kriteria kinerja pengurus pada koperasi Produsen KSU Tandangsari dengan menggunakan 10 indikator termaksud dalam kriteria "sangat baik" demikian juga dengan kepuasan anggota menggunkan 7 indikator termasuk dalam kriteria "sangat baik' adapun hubungan kinerja pengurus dengan kepuasan anggota saling berkaitan karena jika kinerja pengurus sudah baik maka kepuasan anggota akan meningkat dan berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja pengurus, Kualitas pelayanan, Kepuasan anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 22 Dec 2025 05:01
Last Modified: 22 Dec 2025 05:01
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item View Item