Sopiawati, Resti (2024) ANALISIS EFESIENSI USAHA TERHADAP MANFAAT YANG DIPEROLEH ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Konsumen Kopel BULOG Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
|
Text
COVER - Resti SopiaW_compressed.pdf Download (276kB) |
|
|
Text
BAB 2 - Resti SopiaW_compressed.pdf Download (351kB) |
|
|
Text
BAB 1 - Resti SopiaW_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text
BAB 3 - Resti SopiaW_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
|
Text
BAB 4 - Resti SopiaW_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
|
Text
BAB 5 - Resti SopiaW_compressed.pdf Download (102kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Resti SopiaW_compressed.pdf Download (131kB) |
Abstract
Resti Sopiawati, 2024. Analisis efisiensi usaha terhadap manfaat yang diperoleh anggota koperasi, studi kasus di Koperasi Konsumen Kopel BULOG Jabar, di bawah bimbingan H.Wahyudin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada tingginya biaya unit usaha, yaitu mengalami kenaikan setiap tahunnya, dalam hal ini diindikasikan karena efisiensi usaha yang inefisien akibat kurangnya pengelolaan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas bagaimana efisiensi usaha dan keuntungan yang diperoleh anggota di Koperasi Konsumen BULOG Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang berfokus pada analisis deskriptif dengan mengkaji dan memahami hal ini diharapkan dapat menggambarkan fenomena yang menjadi permasalahan penelitian. Dan untuk mengetahui manfaat non ekonomi dari penggunaan teknik sampling yang digunakan adalah sampel dengan sampel sebanyak 33 responden. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan analisis efisiensi usaha Koperasi Konsumen BULOG Jawa Barat, menunjukkan bahwa realisasi pendapatan dan biaya baik dari tahun 2019 hingga 2023 mengalami peningkatan, namun kenaikan biaya lebih besar dari kenaikan pendapatan. Pada 2019 dan 2023 biaya dinyatakan efisien. Tahun 2020 sampai dengan 2022 mengalami inefisien, tingkat inefisien terbesar terjadi pada tahun 2021 sebesar 179,9%, sedangkan tingkat efisiensi terbesar terjadi pada tahun 2019 dengan tingkat efisiensi sebesar 95,2%. Sehingga hal ini menyebabkan penurunan perolehan hasil usaha yang mengakibatkan manfaat yang diperoleh anggota menurun.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efesiensi Usaha, Manfaat Anggota, Koperasi Konsumen |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN |
| Depositing User: | Ana Farkhana |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 08:34 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 08:34 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
