ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sawargi Jl Raya Majalaya Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung)

Fatimah, Jasmine Nadya (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sawargi Jl Raya Majalaya Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

JASMINE NADYA FATIMAH, Analisis Kualitas Pelayanan dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan . Studi Kasus pada Unit Usaha Simpan Pinjam Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sawargi Jl Raya Majalaya Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung dibawah naungan Yeni Wipartini, SE, M.Ti Koperasi Unit Desa (KUD) Sawargi Solokanjeruk merupakan salah satu koperasi aktif di Jawa Barat yang hingga kini masih tetap menjaga eksistensinya. Koperasi Unit Desa (KUD) Sawargi Solokanjeruk dengan badan hukum 220/BH/518.KOP/III/2006, tanggal 22 Maret 2006 Jl.Raya Majalaya Rancaekek No.259 Desa Solokanjeruk Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Dalam melakukan aktivitas usahanya KUD Sawargi mengelola 3 unit usaha. Adapun unit usaha di KUD Sawargi, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam, Unit Usaha Pengadaan Sarana Produksi Pertanian, Unit Usaha Kerjasama Kemitraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan unit usaha simpan pinjam KUD Sawargi kepada anggota sebagai pelanggan, bagaimana tanggapan anggota terhadap pelaksanaan pelayanan dan tanggapan anggota terhadap harapan pelaksanaan pelayanan pada unit usaha simpan pinjam KUD Sawargi dan upaya-upaya apa yang harus dilakukan oleh unit usaha simpan pinjam KUD Sawargi dalam meningkatkan partisipasi anggota melalui kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data diperoleh melalui wawancara, kuisioner, observasi dan studi pustaka dan akan dianalisis menggunakan diagram kartesius. Upaya yang harus dilakukan oleh unit usaha simpan pinjam KUD Sawargi untuk meningkatkan partisipasi anggota yaitu dapat dilihat dari gambar diagram Cartesius dapat disimpulkan bahwa upaya-upaya yang harus dilakukan oleh koperasi dilihat dari indikator seperti kenyamanan ruang tunggu,sarana parkir, kebersihan gedung dan ruang transaksi, keindahan interior, keindahan eksterior, keseragaman dan kerapihan karyawan, kelengkapan sarana penunjang, kebersihan toilet, kecepatan pelayanan penyetoran dana simpanan, kecepatan pelayanan penarikan dana simpanan, prosedur penarikan dana simpanan, prosedur pengajuan pinjaman, kemampuan karyawan dalam menangani keluhan anggota, kemudahan menghubungi karyawan, tindakan cepat tanggap karyawan, keterampilan karyawan, kesopanan dan keramahan karyawan, kejujuran karyawan, jaminan keamanan dana yang tersimpan, suku bunga simpanan, suku bunga pinjaman, pemberian pelayanan yang sama kepada anggota, pemberian informasi oleh karyawan jelas, keterampilan karyawan dalam melayani anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan,Partisipasi Anggota, Pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jan 2021 08:20
Last Modified: 20 Jan 2021 08:20
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item