Muhammad Ryrandhika, Nugraha (2019) ANALISIS BRAND POSITIONING TOKO DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada unit usaha Toko Koperasi Serba Usaha Budi Daya Jln Rajamantri II/9 Buahbatu, Bandung. ). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (239kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (180kB) |
|
Text
Daftar Pustak.pdf Download (176kB) |
Abstract
MUHAMMAD RYRANDHIKA NUGRAHA, Analisis Brand Positioning Toko Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budi Daya,Bandung), dibawah bimbingan Dr. Inne Risnaningsih. Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap 15 orang, para anggota tersebut mengaku tidak atau kurang aktif berbelanja di unit usaha toko KSU Budi Daya ini karena tidak merasakan adanya perbedaan dengan berbelanja di pesaing, dimana point perbedaan ini termasuk dari 5 variabel brand positioning menurut AB Susanto dan Hilmawan W (2004:154). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel brand positioning apa yang paling di ingat atau tertanam di pikiran atau persepsi anggota mengenai unit usaha toko KSU Budi Daya, sehingga pada akhir nya bisa menentukan strategi positioning yang paling tepat untuk bisa meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data dan informasi tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dimana menurut Mardalis (2014:26) analisis deskriptif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil sebagai berikut: dari 5 variabel brand positioning yang ada yaitu indikator nilai, keunikan, kredibilitas, keberlanjutan, dan kesesuaian, indikator yang memiliki nilai yang paling besar adalah indikator kredibilitas yang memiliki hasil nilai akhir yaitu 90,5 yang termasuk kriteria baik yang berarti hal yang paling memotivasi konsumen atau anggota untuk berbelanja di unit usaha toko KSU Budi Daya ini adalah adanya rasa kepercayaan anggota dan menganggap bahwa unit usaha ini lebih kredibel dan dan mampu memberikan kualitas pelayanan yang jauh lebih baik dibanding pesaing. Dan yang memiliki nilai akhir paling kecil adalah variabel keunikan yang memiliki nilai 56,5 yang berarti di pikiran konsumen atau anggota menandakan bahwa unit usaha toko KSU Budi Daya ini tidak mempuyai keunikan atau perbedaan yang cukup dibanding pesaing. Upaya yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi dengan lebih gencar,menerapkan strategi price positioning, menerapkan strategi atrribute positioning.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Positioning Toko, Partisipasi Anggota, Pelanggan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:49 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 07:49 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/471 |
Actions (login required)
View Item |