TRAINING NEEDS ASSESSMENT DALAM RANGKA MERUMUSKAN MATERI PELATIHAN YANG SESUAI BAGI KEBUTUHAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha “Cilengkrang”, Cibiru, Bandung)

Aini, Risna Nurul (2018) TRAINING NEEDS ASSESSMENT DALAM RANGKA MERUMUSKAN MATERI PELATIHAN YANG SESUAI BAGI KEBUTUHAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha “Cilengkrang”, Cibiru, Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (72kB)

Abstract

Risna Nurul Aini (C1140006), Training Needs Assessment (TNA) dalam Rangka Merumuskan Materi Pelatihan Yang Sesuai Bagi Kebutuhan Anggota (Studi pada Koperasi Serba Usaha “Cilengkrang”, Cibiru, Bandung). Di bawah bimbingan Dr. H. Gijanto Purbo Suseno, S.E, M.Sc. Training Needs Assessment (Penilaian kebutuhan) merupakan sebuah proses formal yang mengidentifikasi antara kebutuhan dengan kesenjangan dan langkah awal dalam desain pelatihan. Berkaitan dengan tujuan dalam rangka merumuskan materi pelatihan tentunya harus melakukan analisis tehadap pemahaman anggota mengenai perkoperasian. Analisis penilaian kebutuhan menggunakan teori TNA menurut Kaswan sekaligus akan dijadikan tolak ukur sebagai penilaian terhadap pemahaman anggota. Penelitian dilakukan di Koperasi Serba Usaha “Cilengkrang”,Cibiru, Bandung dengan tujuan untuk mengetahui materi pelatihan yang sesuai bagi kebutuhan anggota. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang responden dengan teknik purposive sampling, serta 35 orang sampel sebagai informan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan pengolahan data dengan sistem persentase dari setiap jawaban responden yang diklasifikasikan kedalam kriteria penilaian berdasarkan hasil kuisioner yang dilakukan, persentase penilaian kriteria tiap indikator dari setiap variabel dengan menggunakan skoring yang diambil dari data jawaban anggota melalui kuesioner. Hasil pengujian dari tabel rekapitulasi Training Needs Assessment bahwa Anggota dengan pendidikan SD kurang memahami mengenai perkoperasian dengan skor kenyataan sebesar 144 dari skor harapan sebesar 300, anggota dengan pendidikan SMP cukup memahami mengenai perkoperasian dengan skor kenyataan sebesar 412 dari skor harapan sebesar 744, sedangkan anggota dengan pendidikan SMA cukup memahami mengenai perkoperasian dengan skor kenyataan sebesar 604 dari skor harapan sebesar 900 dan anggota dengan pendidikan perguruan tinggi (D3 & S1) sudah memahami mengenai perkoperasian dengan skor kenyataan sebesar 95 dari skor harapan sebesar 135, serta tabel rekapitulasi tingkat kepentingan materi yaitu Tujuan dan manfaat koperasi, organisasi dan manajemen koperasi, Prinsip-prinsip koperasi dan nilai-nilai koperasi, Partisipasi anggota dan Tehnik Perhitungan SHU.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Training Needs Assessment dan Tingkat Kepentingan Materi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:32
Last Modified: 24 Jan 2021 04:32
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item