Mulyani, Fajar Wuri (2020) ANALISIS SWOT DALAM UPAYA MENENTUKAN STRATEGI BISNIS USAHA NASI BOX UKM TRIMULYA BOGA PADUKUHAN GENTAN (Studi Kasus pada Usaha Nasi Box UKM Trimulya Boga Padukuhan Gentan, Kabupaten Kulon Progo – D.I. Yogyakarta). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (71kB) |
Abstract
Fajar Wuri Mulyani, Analisis Swot Dalam Upaya Menentukan Strategi Bisnis Usaha Nasi Box UKM Trimulya Boga Padukuhan Gentan, studi kasus pada Usaha Nasi Box UKM Trimulya Boga Padukuhan Gentan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Drs Deddy Supriyadi M. Sc. UKM Trimulya Boga Padukuhan Gentan merupakan usaha kecil menengah hasil binaan PT Sriboga Flour Mill di Kalurahan Sidorejo, yang menjalankan beberapa jenis usaha salah satunya usaha nasi box. Dan pemiliknya merupakan anggota Paguyuban Trimulya Boga. Usaha nasi box ini baru berjalan sejak tahun 2016, sehingga perlu untuk dikembangkan lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang tepat agar dapat bersaing serta mengembangkan usaha nasi box UKM Trimulya Boga Padukuhan Gentan. Analisis yang digunakan untuk menentukan strategi melalui analisis SWOT. Penyusunan strategi dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman. Metode yang digunakan adalah analisis Matriks SWOT dan Matriks Internal-Eksternal. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dari penelitian diketahui posisi usaha nasi box UKM Trimulya Boga Padukuhan Gentan berada pada sel V yaitu pada posisi growth strategy dan stability. Strategi yang disarankan guna mengefektifkan biaya, memperoleh status atau fasilitas tertentu dan memperluas pasar yaitu dengan cara melakukan merger (penggabungan), akuisisi (pengalihan), atau konsolidasi (peleburan) perusahaan sejenis, dengan mempertahankan kualitas produk dengan harga yang lebih murah serta meningkatkan diferensiasi produk baik dalam desain, kualitas, maupun keunikan produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi Bisnis, Manajemen Strategi |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 05:20 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 05:20 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |