ANALISIS PENGELOLAAN TOKO DALAM UPAYA MENINGKATKANPARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN(Studi Kasus Pada Unit Toko Koperasi KSU Budidaya Buah Batu, Bandung)

Angfridistia, Riri (2021) ANALISIS PENGELOLAAN TOKO DALAM UPAYA MENINGKATKANPARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN(Studi Kasus Pada Unit Toko Koperasi KSU Budidaya Buah Batu, Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (29kB)

Abstract

Riri Angfridistia, Analisis Pengelolaan Toko Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus pada unit Toko KSU Budidaya Buah Batu, Bandung). Di bawah bimbingan Ir. Hj. Nanik Risnawati, MS. KSU Budidaya merupakan salah satu dari sekian banyak Koperasi yang ada di Indonesia yang berupaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Usaha yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut dengan membentuk beberapa unit usaha yaitu salah satunya adalah unit toko yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dan kebutuhan konsumsi. Masalah yang terjadi pada unit toko KSU Budidaya adalah kurangnya partisipasi anggota dalam melakukan transaksi pembelian yang salah satu penyebabnya adalah kurang optimalnya pengelolaan toko yang diterapkan oleh unit toko KSU Budidaya. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk mengetahui pengelolaan toko yang telah dilaksanakan di unit toko KSU Budidaya, tingkat partisipasi anggota sebagai pelanggan, dan upaya-upaya apa saja yang perlu dilakukan oleh unit toko KSU Budidaya untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan melalui perbaikan pengelolaan toko. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan metode penelitian menggunakan Skala likert dan diagram cartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan toko di unit toko KSU Budidaya dengan kategori cukup baik dan tingkat partisipasi anggota yang berkedudukan sebagai pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian masih tergolong kategori rendah. Dengan melihat dari diagram cartesius yang harus di perbaiki di kuadran I yaitu indikator 4 (pengiriman Barang), indikator 11 (Kebersihan), indikator 13 (Keramahan), dan indikator 14 (Pengetahuan Mengenai Barang). Untuk itu, unit toko KSU Budidaya ini perlu memperbaiki pelaksanaan unit toko pada KSU Budidaya sehingga membentuk cara yang diinginkan dan meningkatkan tingkat partisipasi anggotanya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Toko, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:30
Last Modified: 13 Feb 2025 07:30
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item