ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELANJA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Toko KSU Budidaya Buah Batu Bandung)

Jessica, Gres (2021) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELANJA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Toko KSU Budidaya Buah Batu Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (40kB)

Abstract

Partisipasi anggota adalah keterlibatan anggota dalam organisasi dan perusahaan koperasi, baik dalam kedudukannya sebagai pemilik maupun sebagai pelanggan dalam kehidupan sehari-hari. Partisipasi anggota sebagai pelanggan, yaitu anggota yang memanfaatkan pelayanan barang dan jasa yang disediakan oleh koperasi.Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Alat pemasaran yang paling mendasar pada bauran pemasaran yaitu produk yang merupakan penawaran berwujud oleh perusahaan kepada pasar, termasuk kualitas, rancangan, merek, dan kemasan produk jasa. Adapun alat bauran pemasaran lain yang penting adalah harga yang merupakan jumlah uang. Pelaksanaan bauran pemasaran yang benar akan mempengaruhikesetiaan anggota untuk berlangganan pada toko koperasi.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi belanja anggota dengan memperhatikan bauran pemasaran yang terdapat pada Unit Usaha Toko KSU Budidaya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Skala Likert dengan teknik skoring dan pengukuran potensi pasar.Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi pasar pada Unit usaha Toko selama 2017-2019 sebesar Rp.19.633.008. sedangkan dalam penerapan bauran pemasaran oleh Koperasi pada Unit Toko berjalan dengan baik, tetapi anggota merasa bauran pemasaran belum berjalan dengan baik dan diharapkan oleh anggota untuk ditingkatkan menjadi sangat baik,hal tersebut dianggap bisa meningkatkan pula partisipasi belanja anggota. Untuk itu, Unit Usaha Toko koperasi ini perlu memperbaiki pelaksanaan Bauran Pemasaran pada Unit Toko sehingga dapat meningkatkan partisipasi belanja anggota pada KSU Budidaya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Partisipasi Belanja Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:10
Last Modified: 13 Feb 2025 06:10
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item