ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMBELIAN ANGGOTA PADA UNIT USAHA WASERDA (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budidaya Buah Batu, Kota Bandung)

Anggraeni, Dika (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMBELIAN ANGGOTA PADA UNIT USAHA WASERDA (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budidaya Buah Batu, Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (25kB)

Abstract

Koperasi sebagai lembaga ekonomi harus memiliki usaha yang dikelola secara intensif. KSU Budidaya dengan loyalitasnya berusaha mengembangkan kegiatan usaha demi keberlangsungan koperasi sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Kegiatan usaha yang dijalankan untuk melayani kebutuhan anggota KSU Budidaya, salah satunya ialah unit usaha waserda yang merupakan objek dari penelitian ini. Masalah yang terjadi pada unit waserda KSU Budidaya adalah rendahnya partisipasi anggota dalam melakukan transaksi pembelian yang salah satu penyebabnya ada kaitanya dengan kualitas pelayanan yang belum dilakukan secara optimal oleh KSU Budidaya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh KSU Budidaya pada unit waserda, tanggapan dan harapan anggota terhadap pelaksanaan kualitas pelayanan, bagaimana tingkat partisipasi pembelian anggota dan menentukan upaya-upaya yang tepat untuk meningkatkan partisipasi pembelian pada unit waserda melalui kualitas pelayanan. Untuk menjawab tujuan tersebut. penulis menggunakan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan diagram kartesius. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa Tanggapan dan harapan para anggota mengenai pelaksanaan kualitas pelayanan cukup baik, tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan harapan semua anggota. Upaya yang harus dilakukan oleh unit waserda KSU Budidaya untuk meningkatkan partisipasi pembelian anggota yaitu dapat dilihat dari gambar diagram kartesius,pada kuadran I yaitu terdiri dari indikator kenyamanan dan keamanan lahan parkir, kelengkapan produk, waktu operasional pelayanan yang singkat dan jaminan harga lebih murah. Untuk itu KSU Budidaya perlu memperbaiki pelaksanaan kualitas pelayanan pada unit waserda sehingga dapat meningkatkan partisipasi pembelian anggota sebagai pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, partisipasi pembelian anggota, koperasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:28
Last Modified: 11 Feb 2025 08:28
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item