Fauzan, Muhammad Rizky (2025) ANALISIS DIGITALISASI LAYANAN KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
COVER SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKY FAUZAN_C1210137 (1) - Muhammad Rizky Fauzan.pdf Download (604kB) |
|
|
Text
BAB I SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKY FAUZAN_C1210137 - Muhammad Rizky Fauzan.pdf Download (649kB) |
|
|
Text
BAB II SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKY FAUZAN_C1210137_ - Muhammad Rizky Fauzan.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
|
Text
BAB III SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKY FAUZAN_C1210137 - Muhammad Rizky Fauzan.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
|
|
Text
BAB IV SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKY FAUZAN_C1210137 - Muhammad Rizky Fauzan.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
|
Text
BAB V SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKY FAUZAN_C1210137pdf - Muhammad Rizky Fauzan.pdf Download (524kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKY FAUZAN_C1210137 - Muhammad Rizky Fauzan.pdf Download (516kB) |
Abstract
Muhammad Rizky Fauzan.2025. Analisis Digitalisasi Layanan Koperasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Peme-rintah Kota Bandung). Di bawah bimbingan H. Dady Nurpadi. Digitalisasi layanan koperasi merupakan inovasi yang bertu-juan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam pelayanan kepada anggota. Namun, implementasi digitalisasi belum sepenuhnya memberikan peningkatan pada partisipasi anggota secara aktif, terutama dalam aspek kelembagaan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digitalisasi layanan terhadap partisipasi anggota koperasi, dengan studi kasus pada Unit Usaha Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB). Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods yaitu perpaduan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digitalisasi layanan dan tingkat partisipasi anggota di Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB) tergolong dalam kategori “sangat baik”. KPKB telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keaktifan anggota dalam memanfaatkan layanan digital, di antaranya melalui pelatihan, sosialisasi, penyediaan tutorial, dukungan teknis, serta melibatkan bendahara gaji sebagai perpanjangan tangan dalam pendamping-an anggota. Selain itu, koperasi memberikan insentif dan reward bagi anggota yang aktif, meningkatkan kemudahan akses aplikasi, serta rutin mengumpulkan umpan balik untuk penyem-purnaan sistem, yang diperkuat dengan promosi manfaat digitalisasi agar anggota semakin termotivasi untuk berpartisipasi aktif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Digitalisasi, Layanan, Partisipasi Anggota |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:22 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:22 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
