Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Unit Waserda Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Belanja Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar)

Ronald P.T.B, Vinsensius (2019) Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Unit Waserda Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Belanja Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Vinsensius Ronald Papanean Triad Batuah (2019). “ Analisis Bauran Pemasaran di Unit Waserda Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Belanja Anggota ”. Studi kasus pada Koperasi Konsumen Bulog Divre Jabar. Dibawah Bimbingan Dr. Hj. Inne Risnaningsih, SE., M.Si. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan. Selain itu juga koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun perekonomian nasional dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Koperasi merupakan kegiatan kelompok dimana setiap orang yang terlibat didalamnya wajib ikut serta dan diikutsertakan untuk mencapai keberhasilan organisasi yang juga merupakan keberhasilan bersama. Dalam pencapaian tujuan tentunya koperasi membentuk unit usaha, dimana unit usaha ini berperan dalam menentukan apakah koperasi dapat dikatakan berhasil atau tidaknya. Dalam membentuk unit usaha koperasi perlu menganalisis bauran pemasaran karena hal ini merupakan hal yang terpenting dalam menjalankan sebuah usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran yang ada Unit Usaha Kopel Mart dalam meningkatkan partisipasi belanja anggota. Unit usaha yang menjadi objek penelitian adalah Unit Usaha Kopel Mart yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan anggota dan barang-barang yang dibutuhkan. Perkembangan penjualan di Unit Usaha Kopel Mart meningkat dilihat dari nilai transaksinya, tetapi apabila dari hasil penilaian berupa kuesioner dilihat dari segi jumlah minat belanja anggota dan dari segi bauran pemasaran terdapat penilaian yang kurang baik. Terdapat juga transaksi Non anggota yang lebih besar dibandingkan anggota jika dilihat dari segi paket maupun dilihat dari segi kredit. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian yang dapat disimpulkan, bahwa dalam penerapan bauran pemasaran dan partisipasi belanja anggota yang dilakukan Unit Usaha Kopel Mart sudah cukup baik. Meski demikian Unit Usaha Kopel Mart harus mengupayakan meningkatkan daya tarik dan promosi penjualan agar dapat meningkatkan minat beli anggota .

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Bauran Pemasaran, dan Partisipasi Belanja anggota.
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 05 Mar 2025 05:27
Last Modified: 05 Mar 2025 05:27
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item