ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Susu Sapi Perah Koperasi Unit Desa Mandiri Bayongbong)

Said, Fahmi (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Susu Sapi Perah Koperasi Unit Desa Mandiri Bayongbong). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Fahmi Said C1150291 Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota studi kasus pada unit usaha susu sapi Koperasi Unit Desa (KUD) Mandiri Bayongbong, di bawah bimbingan Ir. H. Indra Fahmi, M.Si. Penelitian ini berawal dari unit Usaha Sapi Perah yang ada di KUD Mandiri Bayongbong yang telah berdiri sejak tahun 1973. Unit usaha sapi perah ini merupakan salah satu unit usaha utama yang dijalankan oleh KUD Mandiri Bayongbong. Unit usaha sapi perah ini menampung susu sapi dari anggota serta limpahan dari KUD terdekat, dimana nantinya, semua susu yang telah terhimpun oleh unit usaha sapi perah akan didistribusikan kepada IPS (industri pengolahan susu). Berdasarkan data yang diperoleh dari koperasi, pada tahun 2018 jumlah transaksi produksi susu di KUD Mandiri Bayongbong mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni (11,98%), ditambah pula dengan berkurangnya populasi sapi perah laktasi sebesar (4,29%). Hal tersebut diduga terjadi karena kurangnya kualitas pelayanan unit susu sapi perah kepada anggota. Mengacu pada hal tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pada unit susu sapi perah di KUD Mandiri Bayongbong dan bagaimana pula partisipasi anggota di koperasi tersebut. Sehingga nantinya dapat dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan partisipasi anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (Case Study), yaitu melakukan penelitian dengan mencari atau merumuskan masalah berasarkan data yang ada dan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Pengambilan sampel yang digunakan untuk anggota adalah simple random sampling (pengambilan sampel secara acak sederhana). Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa Kualitas Pelayanan dengan skor sebesar 1257. Sehingga Kualitas Pelayanan termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan Partisipasi Anggota diperoleh skor 758. Sehingga partisipasi anggota termasuk kategori cukup baik, walau dikatakan tergolong cukup baik tetapi hampir mendekati kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Meningkatkan Partisipasi, Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:10
Last Modified: 05 Mar 2025 06:10
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item