ANALISIS KINERJA USAHA KOPERASI DITINJAU DARI ASPEK KEUANGAN DAN NON KEUANGAN (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung)

Rostiani, Rina (2020) ANALISIS KINERJA USAHA KOPERASI DITINJAU DARI ASPEK KEUANGAN DAN NON KEUANGAN (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)

Abstract

Koperasi Pegawai Rumah Sakit Mata Cicendo (KOPRUSMAT) Bandung merupakan sebuah koperasi yang anggotanya terdiri dari karyawan Rumah Sakit Mata Cicendo dan berdiri sejak tanggal 3 April 1981. KOPRUSMAT Cicendo mempunyai beberapa usaha yaitu diantaranya Usaha Simpan Pinjam, Usaha Toko, Pengadaan Barang dan Jasa, Usaha Fotocopy dan ATK, Usaha Minimarket Cicendomart, Pengelolaan Parkir, Pengelolaan Tour dan Travel Koprusmat. Menghadapi era yang semakin kompetitif, Koprusmat Cicendo dihadapkan pada tugas yang cukup berat, yaitu bagaimana agar keberlangsungan usaha koperasi tetap bertahan, berkembang, dan mampu bersaing. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alat untuk mengukur kinerja sehingga dapat diketahui sejauh mana strategi dan sasaran yang telah ditentukan dapat dicapai yaitu dengan menggunakan metode balanced scorecard dengan melakukan pendekatan pada keempat perspektif. Berdasarkan hasil analisis pada perspektif keuangan dilakukan perhitungan dengan menggunakan rasio keuangan. Dari hasil perhitungan rasio likuiditas dan rasio solvabilitas berada pada kriteria sangat baik, rasio aktivitas berada pada kriteria tidak baik dan rasio rentabilitas modal sendiri berada pada kriteria baik. Hasil analisis dari perspektif pelanggan, dilakukan penelitian terhadap anggota koperasi yaitu dengan melihat jawaban dari 35 responden dan diperoleh skor sebesar 991 dan berada pada kriteria baik. Hasil analisis perspektif proses bisnis internal, dilakukan dengan melihat jawaban 15 responden (karyawan) diperoleh skor 423 dan berada pada kriteria baik. Hasil analisis dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dilakukan dengan melihat jawaban 15 responden (karyawan) diperoleh skor 389 dan berada pada kriteria cukup baik. Upaya yang dapat dilakukan agar koperasi mencapai kinerja yang optimal dengan menggunakan balanced scorecard yaitu mengoptimalkan penggunaan modal sendiri dalam memperoleh sisa hasil usaha untuk perspektif keuangan. Pada perspektif pelanggan yaitu memberikan pelayanan yang baik dan menyesuaikan produk sesuai kebutuhan anggota guna mendapatkan kepuasan dari pelanggan. Untuk perspektif proses bisnis internal dengan memperhatikan kesesuaian kuantitas produk dengan kebutuhan dan keinginan anggota serta cepat dalam merespon berbagai keluhan dari pelanggan. Kemudian untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan karyawan secara rutin agar dapat menciptakan profesionalisme karyawan demi menciptakan keberhasilan koperasi di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja Usaha Koperasi, Keuangan Dan Non Keuangan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:27
Last Modified: 08 Jun 2021 03:27
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item