Fauzan, Bayu Jahida (2020) ANALISIS BAURAN ECERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Toko Koperasi Serba Usaha Budidaya Kota Bandung Provinsi Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Text
Halaman Depan.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (159kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (79kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
Abstract
Bayu Jahida Fauzan (2020), Analisis Bauran Eceran Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus pada Unit Toko KSU Budidaya, Bandung), di bawah bimbingan bapak Evan Firdaus SE., MM. Objek dari penelitian ini yaitu Unit Toko KSU Budidaya. Pendapatan Unit Toko mengalami fluktuatif, mengindikasikan masih rendahnya partisipasi anggota pada Unit Toko KSU Budidaya. Kondisi ini terjadi diduga karena harga yang di terapkan koperasi cenderung masih mengikuti harga pasar, tidak adanya promosi harga bagi anggota. Sehingga anggota tidak dapat merasakan manfaat ekonomi secara langsung, ketersediaan produk yang masih kurang, karena terdapat banyak produk yang tidak menyediakan stok, kondisi bangunan yang kurang memadai dilihat dari usia, tampilan toko yang kurang menarik dan keterbatasan lahan parkir. Fakor-faktor tersebut menunjukan bahwa pelaksanaan bauran eceran diduga belum dikelola dengan baik. “Bauran penjualan eceran adalah kombinasi dari merchandise, harga, periklanan dan promosi, pelayanan konsumen dan penjualan, serta suasana toko dan desain toko yang digunakan untuk memuaskan konsumen.” Dunne, Lusch dan Griffith (2002:53) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran eceran oleh Unit Toko KSU Budidaya, mengetahui tanggapan dan harapan yang dirasakan oleh anggota yang berpartisipasi terhadap pelaksanaan bauran eceran, mengetahui tingkat partisipasi anggota terhadap Unit Toko KSU Budidaya, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan KSU Budidaya untuk bauran eceran yang diinginkan agar dapat meningkatkan partisipasi anggota pada Unit Toko. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik scoring dengan skala likert, dan analisis dengan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukan tanggapan anggota mengenai pelaksanaan bauran eceran pada Unit Toko cukup baik tapi ada beberapa indikator yang masih kurang baik seperti lahan parkir, harga jual dibanding pesaing, promosi penjualan, dan pemberian alternatif cara pembayaran. Untuk itu Unit Toko KSU Budidaya harus memperhatikan bauran eceran yang yang diharapkan oleh anggota, agar partisipasi anggota sebagai pembeli bisa meningkat. Saran dari penelitian ini adalah dengan memperbaiki pelaksanaan bauran eceran yang di rasa kurang baik bagi anggota di antaranya dengan memperluas atau menambah ketersediaan lahan parkir, Unit Toko KSU Budidaya harus membedakan harga yang diberikan kepada anggota dan non anggota agar anggota lebih tertarik untuk berbelanja pada di Unit Toko KSU Budidaya dan memberikan manfaat ekonomi langsung untuk anggota, Mengadakan promosi-promosi yang menarik seperti potongan harga, cashback, atau paket bundling agar anggota lebih tertarik untuk bertansaksi pada Unit Toko KSU Budidaya. Memberikan alternatif pembayaran seperti pembayaran seperti menyediakan kredit yang disesuaikan dengan mata pencaharian anggota dan menyediakan pembayaran non tunai untuk mempercepat proses transaksi dan memberikan efisiensi bagi anggota dalam bertransaksi
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Eceran (Retail Mix), Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 03:30 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 03:30 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |